Follow Us

Innalillahi, Haji Lulung Meninggal Dunia, Foto Bareng Ahok Tinggal Kenangan, Akhirnya Akui Kehebatan Suami Puput Nastiti

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 14 Desember 2021 | 12:01
Foto Haji Lulung yang tergolek lemah di ranjang rumah sakit sudah membuat netizen syok. Ahok beri komentar ini.
Facebook

Foto Haji Lulung yang tergolek lemah di ranjang rumah sakit sudah membuat netizen syok. Ahok beri komentar ini.

Fotokita.net - Politikus sekaligus tokoh Betawi, Abraham Lunggana atau Haji Lulung, meninggal dunia pada Selasa (12/12/2021). Ketua DPW PPP DKI Jakarta ini sempat berseteru dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto bareng Haji Lulung dengan Ahok kini tinggal kenangan. Dulu Haji Lulung sempat memuji kehebatan suami Puput Nastiti Devi usai terpilih sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.

Kabar duka menerpa dunia politik Tanah Air. Haji Lulung meninggal dunia. Politikus yang kenyang pengalaman itu meninggal dunia di RS Harapan Kita. Haji Lulung sempat dirawat di rumah sakit karena jantung.

Kabar Haji Lulung meninggal dunia disampaikan Sekjen PPP Arwani Thomafi. "Innalillahi wa innailaihi rajiun," kata Arwani. Elite PPP Achmad Baidowi juga menyampaikan kabar Haji Lulung meninggal dunia. "Haji Lulung wafat," kata Baidowi

Arwani menyebut Haji Lulung meninggal dunia di di RS Harapan Kita, Jakarta. Arwani memohon doa. "Telah berpulang ke rahmatullah Haji Lulung Lunggana meninggal dunia hari ini Selasa 14 Desember 2021 jam 10.51 WIB di RS Harapan Kita Jakarta. Mohon doanya agar beliau di terima amal ibadahnya. Husnul Khotimah," katanya.

Guruh Tirta Lunggana, menjelaskan kondisi ayahnya yang tengah terbaring di rumah sakit. Guruh membenarkan ayahnya mengalami gangguan kesehatan jantung.

Baca Juga: Foto Haji Lulung Dibuat Koma Sudah Dibantah, Ahok Beri Komentar Begini

"Kepada rekan-rekan semua, saya Guruh Tirta Lunggana atas nama keluarga Haji Lulung Abraham Lunggana, menyampaikan bahwa benar adanya saat ini Haji Lulung (HL) sedang mengalami gangguan kesehatan jantung," kata Guruh dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/12/2021).

Selain dikenal sebagai politikus, Haji Lulung juga dikenal sebagai tokoh Tanah Abang yang merintis usaha dari nol. Dikutip dari laman Jakarta.go.id, sebelum menjadi politikus, nama Haji Lulung sudah terkenal di seantero Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tentang nama Lulung yang lebih popular dari nama asli pemberian orangtuanya, ada ceritanya.

Di dalam buku Tenabang Kate Anak Tenabang yang disusun oleh Ahmad Mathar Kamal dan Faiz Sungkar disebutkan bahwa bapaknya, Ibrahim Tjilang, saat itu mengidolakan Abraham Lincoln sehingga nama Abraham dijadikan nama putra ketujuhnya dari sebelas anak-anaknya.

Sejak kecil, ia sudah menghadapi pahitnya kehidupan karena pada tahun 1975, saat ia berusia 16 tahun, ia ditinggal wafat bapaknya yang seorang tentara berpangkat Peltu. Ibunya yang menjadi single parent masih memiliki keturunan dari KH. Abdullah Syafiie, pendiri Perguruan Islam Asy-Syafiiyyah.

Ia membantu mencari nafkah untuk ibu dan saudara-saudaranya dengan mengumpulkan sampah pasar berupa plastik, karung, kardus, dan per untuk ngebal. Dikarenakan ia tinggal di dekat pasar, maka ia mencari uang di pasar. Kehidupannya sedikit mulai sedikit berubah ketika ada perluasan Pasar Kebon Dalem (1976), ia sudah menjadi bos barang bekas.

Baca Juga: Foto Haji Lulung yang Dipasangi Selang Oksigen Bikin Syok, Dulu Komentari Ahok yang Terpilih Sebagai Komut Pertamina

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest