Follow Us

Foto Herry Wirawan Pencabul 12 Santriwati Terima Dana BOS PPS Terkuak, Keluarga Korban Geram: Itu Birokasi Pemerintah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 11 Desember 2021 | 16:30
Apabila ditelusuri melalui akun media sosialnya, Herry Wirawan pernah mengunggah foto yang menunjukkan dia ikut kegiatan dana BOS PPS.
Facebook

Apabila ditelusuri melalui akun media sosialnya, Herry Wirawan pernah mengunggah foto yang menunjukkan dia ikut kegiatan dana BOS PPS.

Fotokita.net - Ustaz pesantren Herry Wirawan terdakwa kasus pencabulan 12 santriwati di kawasan Cibiru, Bandung, Jawa Barat, diduga menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) PPS. Foto Herry menerima bantuan dari Kementerian Agama itu terkuak dari media sosial miliknya. Keluarga salah satu korban pencabulan ustaz pesantren itu geram.

Nama Herry Wirawan, seorang ustaz pesantren terus ramai dibicarakan banyak pihak. Kasusnya yang saat ini sudah masuk persidangan membuat publik geram. Betapa tidak, fakta persidangan menunjukkan, Herry melakukan pencabulan kepada 12 santriwati. Bahkan, sejumlah korban ada yang sudah yang melahirkan.

Aksi bejat Herry semakin menjadi sorotan saat korbannya adalah anak-anak di bawah umur. Menurut penjelasan Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jawa Barat Dodi Gozali Emil, oknum guru pesantren ini telah melancarkan aksi bejatnya sejak tahun 2016. Aksi tersebut dilakukan di beberapa lokasi yang berbeda, seperti Pesantren Manarul Huda, Yayasan Kompleks Sinergi, Yayasan Pesantren TM, dan lain-lain.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari mengatakan ada 11 santriwati asal Garut yang menjadi korban.

Bahkan menurutnya dari sebelas orang tersebut ada yang sudah mempunyai anak dan ada yang hamil akibat dari kejahatan pelaku. "Diketahui ada 11 santri perempuan dari Garut yang jadi korban hingga diketahui punya anak dan ada yang hamil," kata Diah kepada Tribun Jabar, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Foto Kondisi Rumah Ustaz Pencabul 12 Santriwati di Bandung Jadi Sorotan, Tetangga Bongkar Tabiat Asli Pelaku

Ia menuturkan saat pihaknya menerima laporan adanya rudapaksa yang dilakukan oleh guru pesantren di Kota Bandung, pihaknya langsung melakukan komunikasi dengan orangtua korban. Menurutnya sebagian orangtua korban tidak mengetahui masalah yang menimpa anaknya.

"Semua orangtua shock begitu mengetahui permasalahan yang menimpa anaknya, setelah diberi pemahaman dan pendampingan, akhirnya para orangtua bisa menerima permasalahan tersebut," ungkapnya.

Kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Herry Wirawan berupa rudapaksa terhadap 12 santriwati di Pondok Pesantren Madani Boarding School di kawasan Cibiru, Kota Bandung, tersembunyi rapi selama bertahun-tahun.

Herry ternyata pernah memerintah para santriwatinya untuk mengerjakan proses pembangunan yang dilakukan di pondok pesantren tersebut. Warga melihat para anak didik tersebut membangun tembok hingga mengecat bangunan.

Seharusnya pekerjaan kasar itu seharusnya dikerjakan oleh laki-laki, bukan para santriwati yang datang untuk belajar agama. Bahkan, warga sekitar tidak menaruh curiga adalah tindakan asusila selama kurun waktu 2016-2021 tersebut.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest