Follow Us

Foto Tangki Kilang Pertamina Cilacap yang Terbakar Bikin Ngeri, Warga Sebut Ada Dentuman Keras, Ini Penyebabnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 14 November 2021 | 09:22
Kebakaran itu membuat panik warga Kelurahan Donan dan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, yang lokasinya dekat dengan Kilang Pertamina.
Facebook

Kebakaran itu membuat panik warga Kelurahan Donan dan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, yang lokasinya dekat dengan Kilang Pertamina.

Fotokita.net - Foto tangki di kawasan kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah yang terbakar sudah bikin ngeri netizen di media sosial. Sebelum peristiwa terjadi, warga menyebut ada dentuman dengan suara keras. Ternyata ini penyebabnya.

Kebakaran besar yang melahap tangki di kilang Pertamina Cilacap sudah membuat gempar netizen. Peristiwa yang kembali terjadi ini muncul pada Minggu, (14/11/2021) pukul 07.19 WIB. Tangki yang terbakar itu berisi produk Pertalite.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Sebanyak 80 warga mengungsi ke masjid dan aula kelurahan. Warga yang mengungsi merupakan yang tinggal di Kelurahan Lomanis.

Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro mengatakan, jalan masuk ke area sekitar kilang minyak yang tangkinya terbakar itu sudah dialihkan. Tujuannya, untuk memastikan warga tetap berada dalam titik jarak yang aman.

Baca Juga: Ahok Lepas Tangan Foto Adik Puput Nastiti Viral Gegara Langgar Aturan Polri, Mertua Komut Pertamina Ungkap Tabiat Asli Menantunya

“Kami terjunkan anggota dari satlantas, sabhara, polsek, dan distrik, juga berkoodinasi dengan pemadam kebakaran untuk membantu pemadaman api,” ujarnya dalam telewicara dengan Kompas TV.

Ia belum bisa memberikan keterangan terkait penyebab kebakaran karena saat ini semua tim sedang fokus untuk pemadaman kebakaran di kilang minyak Pertamina Cilacap itu.

Eko Widiantoro menambahkan, kebakaran kilang minyak Cilacap hanya terjadi di satu titik saja. Pihaknya pun kini sudah bergerak untuk mengalihkan jalan masuk yang biasa dilalui masyarakat.

Tak hanya itu, aktivitas masyarakat sejak terjadi kebakaran pun mulai disterilisasi. "Satu titik (kebakaran), jadi untuk parameter jarak kita sesuaikan dengan jarak aman yang ada di sana."

"Yang jelas tiktik-titik jalan masuk saat ini yang dilalui masyarakat sementara kita alihkan. Aktivitas warga sudah disterilisasi," kata Eko dalam tayangan Live Breaking News Kompas TV Sabtu (13/11/2021).

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest