Follow Us

Foto Tampang Osimin Wenda, Anggota KKB Papua yang Buron 5 Tahun Ditangkap, Begini Hubungannya dengan Benny Wenda

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 23 Juli 2021 | 15:52
Pertemuan TPNPB OPM di Intan Jaya saat Desember 2019. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen terus terus terjepit karenan pergerakan pasukan gabungan TNI Polri.
dok. TPNPB OPM

Pertemuan TPNPB OPM di Intan Jaya saat Desember 2019. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen terus terus terjepit karenan pergerakan pasukan gabungan TNI Polri.

Fotokita.net - Osimin Wenda, anggota KKB Papua yang buron selama 5 tahun berhasil ditangkap Satgas Nemangkawi. Ternyata Osimin Wenda memiliki hubungan ini dengan Benny Wenda.

Osimin Wenda masuk dalam daftar buron Polres Puncak Jaya, Papua. Pemuda berusia 30 tahun ini adalah salah satu anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

Osimin Wenda, telah ditangkap oleh Satgas Nemangkawi, Kamis (22/7/2021).

Penangkapan tersebut sekitar pukul 11.25 waktu setempat dan dibenarkan oleh Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani.

Sebelumnya pria dengan nama lain Usimin Telenggen, alias Ustel Bin Laden, alias Kilongginik ini sudah diobservasi oleh Satgas Nemangkawi selama dua minggu terakhir.

Aparat gabungan telah mengendus keberadaan Osimin Wenda saat anggota KKB Papua itu berada di Kota Mulia, Puncak Jaya.

"Kamis (22/7/2021) pukul 11.25 personel Satgas Nemangkawi menangkap Osimin Wenda ketika yang bersangkutan masuk ke Kota Mulia, Puncak Jaya," ujar Kombes Faisal Ramadhani.

Baca Juga: Makin Terjepit, KKB Lekagak Telenggen Masih Berani Ultimatum TNi Polri: Papua Akan Perang Serentak!

Sedangkan terkait proses penangkapan Omisin, kata Faisal Ramadhani, yang bersangkutan berhasil ditangkap ketika hendak memasuki Kota Mulia, Papua sekitar pukul 10.00 WIT.

"Dia lagi masuk kota. Dia kan dari luar Kota/Kabupaten masuk ke Kota Mulia. Jadi sudah kita ikutin, dan sebelum masuk kota kita langsung tangkap," katanya.

Faisal menyatakan, saat dia ditangkap tidak ditemukan senjata api seraya mengaku Wenda alias Usimin Telenggen akan dibawa ke Polda Papua untuk diperiksa lebih lanjut.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest