Follow Us

Makin Terjepit, KKB Lekagak Telenggen Masih Berani Ultimatum TNi Polri: Papua Akan Perang Serentak!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 24 Mei 2021 | 09:08
Pertemuan TPNPB OPM di Intan Jaya saat Desember 2019. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen terus terus terjepit karenan pergerakan pasukan gabungan TNI Polri.
dok. TPNPB OPM

Pertemuan TPNPB OPM di Intan Jaya saat Desember 2019. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen terus terus terjepit karenan pergerakan pasukan gabungan TNI Polri.

Fotokita.net - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen terus terus terjepit karenan pergerakan pasukan gabungan TNI Polri. Namun, KKB Lekagak Telenggen masih berani lontarkan ultimatum, Papua akan perang serentak!

Sebagai pimpinan KKB Papua, Lekagak Telenggen menjadi buruan utama pasukan TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi.

Personel Satgas Nemangkawi sudah mengantongi lokasi persembunyian Lekagak Telenggen yang berada di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca Juga: Profil Lekagak Telenggen, Pemimpin KKB Papua yang Jadi Buruan Utama Intel Kopassus

Pasukan gabungan TNI Polri sudah berhasil masuk ke Kampung Makki. Akibatnya, Lekagak Telenggen melarikan diri hingga bergeser ke hutan yang lebih dalam.

Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri memastikan, saat ini Lekagak sudah semakin terjepit, bahkan jalur pelariannya pun sudah dijaga oleh aparat keamanan.

Dengan kondisi seperti itu, Fakhiri menegaskan solusi terbaik bagi Lekagak adalah menyerahkan diri.

Baca Juga: Prajurit TNI Tertembak dalam Kontak Senjata, Lekagak Telenggen: Kalau Mau Perang Lawan Kami

"Saya sangat berharap begitu (menyerah), syaratnya senjata kembalikan semua kepada pemerintah," ujarnya di Jayapura, Minggu (23/5/2021).

Fakhiri menerangkan lebih jauh, dari Kampung Makki aparat keamanan sudah memprediksi jalur pelarian Lekagak.

Sebagian besar titik pelarian sudah dilakukan penguatan pasukan TNI Polri sehingga akan sulit bagi Lekagak Telenggen dan kelompoknya untuk masuk.

"Lekagak ini sebenarnya juga tamu, Ilaga itu daerahnya Militer Murib, dia tuan rumah Lekagak kalau tidak balik ke Puncak, tetapi di Puncak itu sudah di pagar betis jadi kecil kemungkinannya, jadi paling dekat dia ke Kuyawage, Lanny Jaya, kalau ke Balingga ada Purom Wenda," kata dia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest