Follow Us

Pemerintah Gagal Berangkatkan Jamaah Haji 2021, Habib Rizieq Diminta Turun Gunung

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 05 Juni 2021 | 19:57
Indonesia secara resmi gagal memberangkatkan jemaah haji 1442 H/2021 M. Itu sebabnya, Habib Rizieq Shihab diminta turun gunung.
Kolase Antara Foto

Indonesia secara resmi gagal memberangkatkan jemaah haji 1442 H/2021 M. Itu sebabnya, Habib Rizieq Shihab diminta turun gunung.

Fotokita.net - Indonesia secara resmi gagal memberangkatkan jemaah haji 1442 H/2021 M. Itu sebabnya, Habib Rizieq Shihab diminta turun gunung untuk membantu masalah ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara resmi menyampaikan pembatalan keberangkatan jemaah haji pada tahun ini.

Dalam konferensi pers di gedung Kemenag, Jakarta, Kamis (3/6/2021) dia mengatakan pihaknya menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021.

"Kami pemerintah melalui Kemenag menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Pemberangkatan Ibadah Haji 1442 H/2021 M," ujar Yaqut.

Baca Juga: Pamer Foto Menyelam di Wakatobi, Ustaz Abdul Somad Diminta Lakukan Ini, Netizen: Saya Tunggu

Atas keputusan pemerintah itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Altaghafi mengatakan menghargai keputusan tersebut dan berdoa supaya urusan ibadah haji bisa dipermudah.

Esam juga menjelaskan pihak Arab Saudi juga enggan gegabah. Jika terlalu memaksakan keberangkatan haji dari luar negeri, kata Esam, jemaah justru berpotensi membawa penyakit.

Baca Juga: Bergaya ABG di Depan Kamera, Kondisi Kaki Istri Ustaz Abdul Somad Jadi Sorotan, Ini Faktanya

"Hingga saat ini otoritas Arab Saudi mengedepankan keselamatan jemaah. Jangan sampai karena menunaikan ibadah haji menjadi membawa penyakit dan kembali ke negaranya justru membawa penyakit," terangnya.

Esam juga mengungkapkan terkait 11 negara yang diizinkan masuk Arab Saudi tetapi tak termasuk Indonesia. Menurutnya hal itu tidak terkait dengan ibadah haji dan umroh.

"Beberapa waktu lalu penerbangan mengumumkan bahwa Arab Saudi mengizinkan 20 negara. Saya ingin menekankan, 11 negara yang diizinkan masuk ke NegaraArab Saudi," ujar Esam.

Baca Juga: Viral Munarman Lumpuh Karena Dianiaya Polisi, Pengacara Ungkap Kondisi Sebenarnya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest