Follow Us

Jangan Lupa Dicatat! Tak Ada Tarif Diskon Listrik Mulai Bulan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 05 Juni 2021 | 09:38
Ilustrasi petugas PLN
HENDRA A SETYAWAN/KOMPAS.COM

Ilustrasi petugas PLN

Fotokita.net - Pemerintah telah memastikan bahwa tak ada lagi pemberian tarif diskon listrik sebesar 50 persen kepada pelanggan golongan rumah tangga, industri, dan bisnis kecil berdaya 450 VA mulai Juli 2021.

Begitu juga dengan stimulus diskon listrik 25 persen untuk pelanggan rumah tangga berdaya 900 VA akan dihentikan mulai bulan depan.

Dengan demikian, stimulus diskon listrik selama masa pandemi covid-19 bakal berhenti pada Juli mendatang.

Baca Juga: Fotografer Wajib Tahu, Ini Alasan Mengapa Tidak Boleh Menaruh Barang di Atas Kulkas

Seperti kita ketahui, untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi covid-19, pemerintah memberikan gratis listrik kepada pelanggan rumah tangga, bisnis, dan industri berdaya 450 VA sejak tahun 2020.

Namun, memasuki tahun ini, subsidinya dipangkas, yaitu diskon menjadi 50 persen saja dari total tagihan.

Sementara pelanggan berdaya 900 VA semula mendapat diskon 50 persen pada 2020. Lalu, diskon berkurang jadi 25 persen sejak awal tahun ini.

Baca Juga: Cek Rekening Sekarang, Gaji Ke-13 PNS Hingga Pensiunan Cair Hari Ini

Tak hanya menyudahi stimulus berupa diskon listrik, nantinya stimulus kelistrikan lain yang masuk dalam paket stimulus dengan periode sampai Juni 2021 juga akan berakhir.

Misalnya, pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan yang pemakaian energi listrik di bawah ketentuan rekening minimum, yakni di bawah 40 jam nyala diberlakukan bagi tiga golongan.

Kemudian, pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan golongan layanan khusus disesuaikan dengan surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest