Follow Us

Dituding Jadi Mata-mata TNI, Intip Potret Suku Ngalum yang Hidup di Negeri Atas Awan Papua

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 21 Mei 2021 | 18:47
Di dalam hutan negeri atas awan Papua ini, Suku Ngalum dituding menjadi mata-mata TNI oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo.
Dok Jubi

Di dalam hutan negeri atas awan Papua ini, Suku Ngalum dituding menjadi mata-mata TNI oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Fotokita.net - Suku Ngalum tinggal di wilayah Pegunungan Bintang, Papua. Di dalam hutan negeri atas awan Papua ini, Suku Ngalum dituding menjadi mata-mata TNI oleh KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Suku Ngalum termasuk salah satu dari 7 suku yang bermukim di hutan wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang. Ada 6 suku lainnya yang berbagi ruang di Pegunungan Bintang, yaitu Suku Ketengban, Murop, Lepki, Arintap, Kimki, dan Yetfa.

Setiap suku memilki bahasa yang berbeda-beda. Semua suku itu sudah sekian lama mendiami wilayah sentral dataran tinggi pulau Papua.

Baca Juga: Profil Klemen Tinal, Wakil Gubernur Papua yang Meninggal Dunia di Jakarta, Pernah Jadi Karyawan Freeport

Kehidupan suku Ngalum dan keenam suku lainnya itu telah lama menarik perhatian para peneliti arkeologi dan antropologi.

Terlebih lagi, posisi Pegunungan Bintang yang sulit dijangkau membuat penasaran para peneliti. Mereka tak hanya datang dari Jakarta atau Makassar, tetapi banyak pula peneliti asal Eropa.

Saat ini, Pegunungan Bintang menjadi wilayah administratif kabupaten dengan luas wilayah membentang 14.655,36 km2. Beribukota di Oksibil.

Baca Juga: Serang Pasukan TNI, Ini Foto Lamek Taplo Komandan KKB Ngalum Kupel

Dengan ketinggian itu, Pegunungan Bintang merupakan penghasil kopi terbaik di Papua.

Pegunungan Bintang merupakan negeri di atas awan. Suhu rata-rata berada di kisaran 15 derajat, membuat Oksibil selalu sejuk.

Andaikan wilayah itu mudah dijangkau, bisa saja Papua menjadi satu-satu provinsi di negeri tropis yang memiliki resor ski.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest