Follow Us

Begini Tata Cara Shalat Idul Fitri di Rumah Berdasarkan Fatwa MUI: Panduan Khutbah dan Jumlah Minimal Jamaah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 23 Mei 2020 | 08:42
Ilustrasi - Pelaksanaan shalat Idul Fitri dilarang dilakukan di masa pandemi karena melibatkan kerumunan masa
Tribun Timur

Ilustrasi - Pelaksanaan shalat Idul Fitri dilarang dilakukan di masa pandemi karena melibatkan kerumunan masa

Fotokita.net - Wabah virus corona yang masih melanda Tanah Air telah mengubah tata cara ibadah Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020. Begitu pun dengan ibadah shalat Idul Fitri.

Itu sebabnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membolehkan shalat Idul Fitri digelar di rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan. Begini tata cara shalat Idul Fitri di rumah berdasarkan fatwa MUI.

Tahun ini berbeda dari sebelumnya karena sidang dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Tanah Air.

Baca Juga: Sehabis Ingatkan Kehidupan Itu Rapuh Saat Dapat Kabar Duka Datang Silih Berganti, Kini Komedian Kondang Ini Mendadak Naik Pitam Sambil Bilang Begini: Cape Ngelindungi Saudara Primitif Barbarik dan Bebal Kayak Kalian!

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim melalui keterangan tertulis.

Tahapan sidang isbat terbagi atas sejumlah sesi. Pada sesi pertama yang dimulai pukul 17.00 WIB, disampaikan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 Hijriah oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah maghrib, sidang dibuka Menteri Agama Fachrul Razi, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Gontok-gontokan Soal Data Vaksin Corona, Rupanya Kapal Induk China Nyaris Beradu Senjata dengan Kapal Berpeluru Kendali Amerika di Perairan Ini: Aksi Provokatif di Tengah Pandemi

Lebaran Jadi Waktu Tepat Untuk Silaturahmi, Inilah Cara Menyampaikan Maaf pada Orang Lain dengan Tepat
sky news

Lebaran Jadi Waktu Tepat Untuk Silaturahmi, Inilah Cara Menyampaikan Maaf pada Orang Lain dengan Tepat

Pemerintah menetapkan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah yang merupakan penanda Idul Fitri 2020 jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Pengumuman Idul Fitri 1441 Hijriah disampaikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi setelah menggelar sidang isbat pada Jumat (22/5/2020).

"Sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020," kata Fachrul Razi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest