Follow Us

Idul Fitri Sudah Ditetapkan Jatuh Pada Minggu 24 Minggu 2020, Tapi Ada Momen Istimewa di Langit yang Teramat Sayang Kita Lewatkan Sebelum Lebaran

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 22 Mei 2020 | 20:18
Bulan Baru
pixnio

Bulan Baru

Fotokita.net - Menteri Agama Fachrul Razi telah mengumumkan Idul Fitri 1441 Hijriah jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020.

Pengumuman ini disampaikan langsung setelah pemerintah menggelar sidang isbat pada Jumat (22/5/2020).

"Sidang isbat secara bulat menyatakan bahwa 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Maret 2020," kata Fachrul Razi.

Baca Juga: Biarpun Prilly Latuconsina Sudah Legawa Terima Permintaan Maaf Andre Taulany, Seorang Pengacara Ngotot Perkarakan Sang Komedian ke Polisi: Ternyata Marga Ini Adalah Milik Kaum Ningrat

Penetapan Idul Fitri ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah ulama, organisasi Islam, dan pemangku kepentingan.

Sidang isbat dilakukan dengan mempertimbangkan dua hal, yaitu hasil hisab (berdasarkan perhitungan astronomi) dan rukyatul hilal atau pengamatan hilal/bulan baru.

"Ini bukanlah dua metode yang saling berhadapan atau dibenturkan, keduanya sama pentingnya," ucap Menag. "Pemerintah sejak dulu menggunakan dua metode tersebut, jadi saling melengkapi satu dengan yang lain," kata Fachrul Razi.

Baca Juga: Terketuk Hatinya Usai Lihat Video Viral Perundungan Bocah Penjual Jalangkote, Orang Dekat Prabowo Subianto Langsung Singsingkan Lengan Kemeja: Kalau Posisi Kejadian Ini di Jakarta Sudah Saya Ratakan

Ilustrasi pemantauan hilal
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ilustrasi pemantauan hilal

Berdasarkan pengamatan hisab, menurut Fachrul Razi, diketahui bahwa ketinggian hilal masih di bawah ufuk.

"Ketinggian hilal di seluruh indonesia bawah ufuk antara minus 5 derajat 17 menit sampai dengan minus 3 derajat 58 menit," ucap Fachrul.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest