Follow Us

Kabar Gembira, Pulau Komodo Tak Jadi Ditutup! Kini Warga dan Pelaku Wisata Bisa Bernapas Lega. Ternyata Begini Alasannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 20 September 2019 | 07:07
Pulau Komodo, Indonesia
hollandamerica.com

Pulau Komodo, Indonesia

Fotokita.net - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat berulang kali menyampaikan rencana penutupan Pulau Komodo sejak akhir tahun lalu. Penutupan itu direncanakan selama satu tahun. Alasannya untuk memperbaiki ekosistem pulau tersebut. Jumlah komodo maupun mangsa alaminya, kata Viktor, diperkirakan menyusut.

Warga Pulau Komodo, yang jumlahnya sekitar 2.000 orang, boleh merasa lega mendengar pernyataan dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Hari Rabu (18/9) di Yogyakarta, Arief mengatakan Pulau Komodo tidak akan ditutup.

"Sudah ada keputusan dari tim bahwa, pertama, Pulau Komodo tidak harus ditutup. Kedua, masyarakat di sana tidak harus dipindahkan. Tetapi ini masih keputusan Tim Terpadu (Timdu) yang dipimpin oleh setingkat Dirjen. Maka masih memerlukan penetapan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Arief.

Baca Juga: Foto Komodo Liar Cuma Ada di Indonesia! Peneliti Asing Berhasil Temukan Kunci Rahasia dalam Sistem Tubuh Komodo

Hanya saja, hingga hari ini belum ada keputusan dari Menteri LHK. Humas kementerian tersebut, Djati Wicaksono Hadi yang dikonfirmasi hanya mengatakan bahwa kewenangan ada di Menteri LHK selaku pemegang otoritas di bidang pengelolaan konservasi. Didesak lebih jauh apakah sudah ada keputusan pasti, Djati tidak memberi jawaban.

BCL di Pulau Komodo
Instagram @bclsinclair

BCL di Pulau Komodo

Padahal keputusan itu sangat ditunggu Menteri Pariwisata. Tanpa ada keputusan sampai saat ini, kata Arief, agen perjalanan wisata di seluruh dunia tidak berani menjual paket ke Pulau Komodo. Mereka tidak mau mengambil risiko menjual paket saat ini, jika ternyata keputusan pemerintah adalah mulai menutup awal tahun depan, misalnya. Kondisi yang menunggu ini, lanjut Arief, tidak bagus bagi sektor pariwisata

"Jadi tidak ada masalah ditutup tidak ditutup, tapi yang bagus adalah harus pasti. Tetapi sudah saya bocorkan ini hasil Timdu yang menyatakan, tidak perlu ditutup dan tidak perlu ada pemindahan warga masyarakat yang ada di Pulau Komodo,” tambah Arief.

Baca Juga: Kian Mencemaskan, Anakan Komodo Nyaris Pindah Tempat ke Singapura

Ilustrasi Komodo
Ilustrasi komodo(KOMPAS/HERLAMBANG JALUARDI)

Ilustrasi Komodo

Wacana Gubernur NTT Meresahkan

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest