Follow Us

Lika Liku Majalah Internasional Terbebas dari Jeratan Hukuman Usai Mewartakan Kekayaan Keluarga Presiden Indonesia Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 02 September 2019 | 07:12
Potret masa muda presiden Soeharto
Surya.co.id

Potret masa muda presiden Soeharto

Fotokita.net - Kekayaan Soeharto dan keluarganya senilai 9 miliar dollar AS diberitakan ditransfer dari Swiss ke Austria.

Majalah Time edisi Asia menampilkan sampul depan yang memuat gambar wajah Soeharto beserta judul Special Report: Suharto Inc. How Indonesia's Longtime Boss Built a Family Fortune.

Ya, pemberitaan Majalah Time edisi Asia yang berjudul Suharto Inc. How Indonesia's Longtime Boss Built a Family Fortune telah menggemparkan Indonesia pada waktu itu.

Majalah Time edisi Asia Volume 153 Nomor 20 tertanggal 24 Mei 1999 pada halaman 16-19 itu mengupas tentang kekayaan Soeharto dan keluarganya.

Baca Juga: Tokoh Papua dan Pemerintah Sepakat Adakan Dialog Secara Damai. Tapi, Nasi Sudah Jadi Bubur, Lihat Foto-foto Kerusakan di Jayapura

Soeharto
soeharto.co

Soeharto

Selain itu, menurut Harian Kompas 15 Oktober 1999, pada halaman 17 terdapat kutipan "Time has learned that $ 9 billion of Suharto money has transferred from Switzerland to a nominee bank account in Austria" atau Time telah berhasil mengetahui bahwa sembilan miliar dollar AS uang Soeharto telah ditransfer dari Swiss ke sebuah rekening tertentu di bank Austria.

Mantan Presiden Soeharto membantah pemberitaan Majalah Time tersebut.

Harian Kompas 22 Mei 1999, mengabarkan, Soeharto menilai berita tersebut bohong dan fitnah.

Baca Juga: Sanggah Telah Makan Gurita Hidup, Apakah Ria Ricis Bikin Konten Bohong Demi Clickbait di Youtube?

"Itu berita bohong. Jika Time tidak dapat membuktikan fakta-fakta dari pemberitaannya, maka itu fitnah. Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan," ujar Soeharto (21/5/1999).

Soeharto juga membantah bahwa dia sama sekali tidak memiliki kekayaan seperti yang diberitakan oleh Time.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest