Follow Us

Nasib Tragis Satwa Liar Korban Kebakaran Hutan Amazon yang Bikin Kita Menangis. Akankah Mereka Cuma Jadi Kenangan dalam Foto?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 02 September 2019 | 06:53
Sebuah foto dari udara yang menunjukkan kebakaran hutan Amazon di kawasan Novo Progresso, Negara Brasil.
Kompas.com

Sebuah foto dari udara yang menunjukkan kebakaran hutan Amazon di kawasan Novo Progresso, Negara Brasil.

Fotokita.net - hutan hujan tropis Amazon tahun ini mengalami kebakaran hutan yang paling buruk. Sejak tahun 2010, hutan hujan Amazon belum pernah mengalami kebakaran yang buruk seperti sekarang.

Berdasarkan catatan yang dimiliki lembaga antariksa Brasil, Inpe, tercatat ada 85.000 titik api tahun ini. Tentu, kondisi ini amatlah mengenaskan. Maklum, dari sekitar tiga juta spesies tumbuhan dan hewan di dunia ini, dipercaya sekitar sepuluh persennya hidup di Amazon.

Apa dampak kebakaran masif ini terhadap beragam satwa yang tinggal di Amazon?

Baca Juga: Amazon Terbakar Seluas 28 Kali Jakarta, Presiden Brasil Malah Tolak Bantuan Dana Negara-negara Maju. Begini Alasannya...

Kebakaran hutan Amazon
CNN.com

Kebakaran hutan Amazon

Beberapa hewan mungkin bisa menyelamatkan diri. Mereka yang bisa berlari cepat seperti jaguar dan mamalia besar mungkin bisa kabur. Namun bagaimana yang tidak?

Dr. Claudio Sillero, profesor bidang konservasi biologi di Universitas Oxford megatakan kepada BBC News ia secara khusus khawatir terhadap hewan-hewan kecil.

"Kita perlu khawatir terhadap amfibi, reptil dan hewan tak bertulang belakang. Mereka hidup di habitat mikro, dan jika habitat ini terbakar, mereka akan musnah seketika."

Baca Juga: Bikin Cuitan Prihatin Soal Kebakaran Hutan, Presiden Prancis Malah Kena Damprat Sang Pemilik Hutan. Foto-foto Tragedi Kebakaran Hutan Amazon Bikin Kita Menangis!

Kebakaran Hutan Amazon.
kompas.com

Kebakaran Hutan Amazon.

Baca Juga: Foto-foto Kehidupan Primitif Suku di Hutan Amazon Bikin Kita Melongo

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest