Follow Us

Kisah Unik Kebiri dalam Sejarah Panjang Peradaban Manusia. Tapi, Ulama Kita Masih Belum Satu Suara Soal Hukuman Kebiri, Apa Dasarnya?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 27 Agustus 2019 | 07:06
Kebiri dilakukan untuk sembuhkan homosekesual
ushmm.org/Listverse

Kebiri dilakukan untuk sembuhkan homosekesual

Fotokita.net - Kebiri kimia menjadi perbincangan hangat warganet. Maklum, Muhammad Aris, seorang pemerkosa 9 anak di Mojokerto, Jawa Timur telah dijatuhi hukuman kebiri kimia selama dua tahun oleh Kejaksaan Kabupaten Mojokerto.

Lantas, bagaimana sejarah kebiri kimia mulai dilakukan di dalam peradaban manusia? Berdasarkan A Brief Histrory of Castration: Second Edition (2006), Victor T Cheney menuturkan, kebiri pertama dipraktikkan untuk hewan.

Di era Mesolitikum atau sekitar 8.000 hingga 9.000 tahun yang lalu, hewan jantan dikebiri untuk tidak menimbulkan keributan dalam perkawinan.

Baca Juga: Rakyat Menjerit, Pencemaran Sungai Ciujung yang Tak Berujung. Foto-Foto Ini Perlihatkan Kisahnya

Ilustrasi hukuman kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual
Daily Express

Ilustrasi hukuman kebiri kimia bagi pelaku kejahatan seksual

Dalam dunia hewan, kompetisi antara para jantan selalu menimbulkan keributan. Jadi, dalam suatu populasi hewan, sejumlah hewan jantan dikebiri dan menyisakan satu atau dua saja untuk membuahi lusinan betina seumur hidupnya. Pembuahan tidak membutuhkan banyak jantan.

Caranya mudah, setelah jantan lahir, buah zakarnya diikat dengan rambut kuda. Buah zakar itu lama kelamaan akan menghitam dan copot dengan sendirinya dalam waktu tiga minggu.

Cara lain yang lebih menyakitkan: dihancurkan dengan tangan, batu, atau dipotong menggunakan benda tajam. Pelayan yang dipercaya Kebiri terhadap manusia muncul tak lama setelah manusia mulai menernakkan hewan dan melakukan perbudakan.

Baca Juga: Apakah Kalimantan Timur Bebas Bencana? Data Tunjukkan Bencana Paling Banyak Terjadi Tahun 2016

Kerajaan Mesir Kuno mencatat sekitar tahun 2.600 sebelum masehi, anak dijual sebagai budak untuk membayar utang dan memperoleh uang. Budak yang dikebiri atau orang kasim biasanya lebih dapat dipercaya karena tak akan menghamili majikan wanitanya.

Hukuman Kebiri Untuk Pertama Kali di Indonesia! Aris Asal Mojokerto Jadi Orang yang Pertama Akibat Cabuli 9 Anak
Facebook Yuni Rusmini

Hukuman Kebiri Untuk Pertama Kali di Indonesia! Aris Asal Mojokerto Jadi Orang yang Pertama Akibat Cabuli 9 Anak

Source : Kompas.com, Republika

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest