Jadi Pejabat di Kejaksaan, Suami Pertama Pinangki Sirna Malasari Ditinggal Nikah Saat Sakit Parah, Foto Sosoknya Sulit Ditemukan

Selasa, 06 September 2022 | 19:29
Istimewa

Ini sosok suami pertama Pinangki Sirna Malasari yang ditinggal nikah saat sakit parah. Ternyata jadi pejabat di Kejaksaan. Foto sosoknya dicari.

Fotokita.net - Mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari bebas bersyaratbersamaan dengan Ratu Atut. Pinangki sudah menjalani penahanan kurang lebih 2 tahun. Sosok suami pertama Pinangki sempat menjadi perbincangan. Ternyata dia menyandang jabatan penting di Kejaksaaan RI.

Terhitung Selasa (6/9/2022), Pinangki keluar dari penjara.Pinangki tampak bebas dari LP Kelas II-A Tangerang dengan penampilan baru. Dalam foto yang beredar, Pinangki keluar dengan pakaian kasual. Ia memakai baju hitam dengan motif putih.

Di foto yang beredar,Pinangki terlihat memakai riasan wajah minimalis. Alisnya tampak ditebalkan dengan pensil alis. Bukan cuma itu, Pinangki tampil dengan masker hitam. Dulu, suami pertama Pinangki yang menjadi pejabat di Kejaksaan menjadi sorotan. Suami Pinangki ditinggal nikah lagi saat sakit parah. Terkini, foto sosoknya sulit ditemukan.

Pinangki Sirna Malasari mendapatkan pembebasan bersyarat. Dia keluar dari lapas pada hari ini. "Hari ini tidak hanya beliau (Ratu Atut Chosiyah). Kita bebas bersyaratkan juga Pinangki, Mirawati (Basri), dan Desi Arryani," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Banten Masjuno.

Masjuno mengatakan Pinangki sudah menjalani penahanan kurang lebih 2 tahun. "Kurang lebih 2 tahun. Sama syaratnya juga, disamakan semuanya karena sudah tertuang secara tertulis," kata Masjuno.

Pinangki divonis bersalah karena menjadi makelar kasus alias markus agar terpidana korupsi Djoko Tjandra bisa lolos dari hukuman penjara dengan mengajukan PK. Saat itu, Djoko statusnya buron. Tapi usaha Pinangki terbongkar dan dia harus mempertanggungjawabkannya.

Pinangki awalnya divonis 10 tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Vonis tersebut kemudian disunat oleh Pengadilan Tinggi Jakarta menjadi 4 tahun penjara. Atas vonis itu, jaksa dan Pinangki tidak mengajukan kasasi.

Apabila merunut ke belakang, pemotongan hukuman Pinangki itu sama dengan tuntutan jaksa. Dalam tuntutannya kala itu, jaksa hanya menuntut Pinangki dengan hukuman 4 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Baca Juga: Intip 7 Foto Lawas Jaksa Pinangki yang Kini Resmi Dipecat, Liburan Mewah Hingga Pamer Mas Kawin Kalung Berlian

Istimewa

Ini sosok suami pertama Pinangki Sirna Malasari yang ditinggal nikah saat sakit parah. Ternyata jadi pejabat di Kejaksaan. Foto sosoknya dicari.

Pinangki disebut jaksa terbukti menguasai suap USD 450 ribu dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra untuk mengurus fatwa MA. Pinangki juga dinilai terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Kehidupan pribadi Pinangki Sirna Malasari sempat terkuak saat dia dicokok aparat lantaran kasus suap Djoko Tjandra itu. Suami pertama Pinangki ikut terseret.Sebelum menikah dengan Perwira Polisi, Pinangkipernah menikah dengan Djoko Budiharjo.

Pinangki secara resmi menikahiDjoko Budiharjopada 2006. Ia menikahi Djoko yang berstatus duda selama dua tahun lamanya. Djoko Budiharjo disebut-sebut sebagai ladang kekayaan jaksa Pinangki.

Djoko Budiharjo, suami pertama JaksaPinangki Sirna Malasarisebelum menikah dengan periwira polisi, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf. Suami pertama Pinangki diungkap mantan istrinya, Indri. Mantan istriDjoko Budiharjo memilih bercerai karena pejabat Kejaksaan akhirnya menikahi Jaksa Pinangkisecara resmi.

Dalam acaraFakta TVOne,Senin (7/9/2020), Indri menyatakan, Djoko Budiharjoadalah mantan Kajati Jabar, Kajati Pekanbaru, Kajati Sulawesi Tenggara, dan Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan. Djoko Budiharjo kini telah meninggal dunia.

Kata Indri, suaminya mengenal Pinangki saat masih menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi di Pekanbaru di Riau. SaatDjoko Budiharjomutasi menjadi Kajati Jabar, ia membiayai kuliah Pinangki di Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun di Bogor hingga lulus dan menjadi jaksa.

Kepada Indri,Djoko Budiharjomengaku kalau Pinangki adalah anak kenalannya yang membutuhkan biaya kuliah. Kepada rekan sejawatnya,Djoko Budiharjomengaku sebagai paman dari Pinangki.

Belakangan Indri mengetahui kalau Pinangki telah menikah siri dengan suaminya, hingga Indri pernah melabrak Pinangki di rumahnya yang dibelikanDjoko Budiharjo. "Saya bilang tinggalkan saja Pak Djoko. Dia kan anaknya udah banyak," jelas Indri.

Saat itu Pinangki menjawab dirinya rela menjadi istri keduaDjoko Budiharjokarena butuh biaya kuliah. Djoko Budiharjo secara resmi menikahi Jaksa Pinangkiusai dirinya pensiun.

Baca Juga: Sukses Kalahkan Hotman Paris, Ternyata Seluruh Gaji Jaksa Pinangki Habis Buat Bayar 7 ART, Siapa yang Paling Besar?

Facebook

Ini sosok suami pertama Pinangki Sirna Malasari yang ditinggal nikah saat sakit parah. Ternyata jadi pejabat di Kejaksaan. Foto sosoknya dicari.

Indri sendiri kemudian pulang ke rumah orangtuanya di Lampung usai Djoko menikahi Pinangki hingga dirinya memutuskan untuk bercerai. Indri pun tidak bisa memungkiri bahwa pasti dirinyalah yang akan tersingkir.

"Saya terus terang juga banyak anak-anak saya yang perempuan, jangan sampai kita jadi yah, ganggu rumah tangga orang, jadi akibatnya ya itu dia," ucap Indri.

"Saya sendiri sakit yah, gimana lah perasaan wanita hancur lah, sekian puluh tahun jadi pendamping kita tahu lah gimana istri muda pasti lebih butuh kedekatan, yang lebih dibanggakanlah ya, lebih baik saya mengalah saja," ungkapnya.

"Kalau orang Jawa bilang, becik ketitik olo ketoro (sebuah kebaikan maupun sebuah keburukan pada suatu saat nanti akan terlihat dengan sendirinya).Toh akibatnya akan kembali ke kita," pungkasnya.

Sosok Djoko Budiharjo itu diungkap Penasihat HukumPinangkisaat membacakan nota pembelaan atau eksepsi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020). Eksepsi itu dibacakan bergantian, di antaranya Aldres Napitupulu dan Jefri Moses.

"Dalam kesempatan ini kami sedikit menyampaikan mengenai profile terdakwa agar diketahui dan menjadi pertimbangan awal dari Majelis Hakim, hal ini sengaja terdakwa sampaikan di persidangan ini sekaligus menjawab pertanyaan yang juga sering dilontarkan di media perihal gaya hidup yang dianggap berkelebihan dan tidak sesuai profil sebagai jaksa," kata penasihat hukum.

Pinangki secara resmi menikahiDjoko Budiharjopada 2006. Ia menikahi Djoko yang berstatus duda selama dua tahun lamanya. "Namun pernikahan antara terdakwa dan suaminya ini berakhir dengan meninggalnya Djoko Budiharjo pada Februari 2014," kata dia.

Djoko selama hidupnya pernah menjabat sebagai Kajati Riau, Kajati Sulawesi Tenggara, Kajati Jawa Barat, terakhir sebagai Sesjamwas. Kemudian setelah pensiun, Djoko berpraktek sebagai advokat.

Baca Juga: Kaya Raya, Begini Sosok Suami Pertama Jaksa Pinangki yang Ditinggal Nikah Lagi Saat Sakit Keras, Ternyata Punya Jabatan Penting di Kejaksaan

Kompas/Heru Sri Kumoro

Ini sosok suami pertama Pinangki Sirna Malasari yang ditinggal nikah saat sakit parah. Ternyata jadi pejabat di Kejaksaan. Foto sosoknya dicari.

Saat Djoko berprofesi advokat inilah Pinangki mengetahui suaminya menyimpan uang dalam bentuk bank notes mata uang asing.

Hal itu bentuk warisan kepada Jaksa Pinangki untuk kelangsungan hidup karena Djoko menyadari tidak akan bisa mendampingi istrinya yang terpaut beda usia 41 tahun. "Sehingga almarhum pun menyiapkan banyak tabungan tersebut," kata dia.

Selepas ditinggal sang suami, Jaksa Pinangki akhirnya menikah dengan perwira Polri, Napitupulu Yogi Yusuf.

Dan mengingat peninggalan Djoko yang cukup banyak itu, maka dalam pernikahan keduanya ini membuat Perjanjian Pisah Harta dengan Napitupulu Yogi Yusuf.

Aldres mengatakan, pemaparan soal riwayat Djoko untuk memberikan pencerahan terkait sumber pendapatan Jaksa Pinangki.

Sebab, jaksa penuntut umum mendakwakan Pinangki membelanjakan uang untuk mengaburkan asal-usul duit haram hasil suap dariDjoko Tjandra. Pinangki dituduh telah melakukan tindak pencucian uang.

Baca Juga: Dipuji Hotman Paris Karena Kepergok Pesan Makanan di Restoran Super Mewah, Inilah Besaran Gaji Jaksa Pinangki Sebagai PNS Kejagung

Dok. MI

Ini sosok suami pertama Pinangki Sirna Malasari yang ditinggal nikah saat sakit parah. Ternyata jadi pejabat di Kejaksaan. Foto sosoknya dicari.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya