Kaya Raya, Begini Sosok Suami Pertama Jaksa Pinangki yang Ditinggal Nikah Lagi Saat Sakit Keras, Ternyata Punya Jabatan Penting di Kejaksaan

Kamis, 01 Oktober 2020 | 13:58
Tribunnews/Jeprima

Tersangka Pinangki Sirna Malasari usai menjalani pemeriksaan kasus suap yang diduga diterima dari Djoko Tjandra di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020).

Fotokita.net - Kaya raya, begini sosok suami pertama Jaksa Pinangki yang ditinggal nikah lagi saat sakit keras, ternyata punya jabatan tinggi di Kejaksaan.

Satu per satu masa lalu Jaksa Pinangkiterkuak. Sebelum menikah dengan Perwira Polisi, Jaksa Pinangkipernah menikah dengan Djoko Budiharjo.

Siapa Djoko Budiharjo? Ternyata bukan orang sembarangan. Begini sosoknya.

Pinangki secara resmi menikahiDjoko Budiharjopada 2006.

Baca Juga: Dipuji Hotman Paris Karena Kepergok Pesan Makanan di Restoran Super Mewah, Inilah Besaran Gaji Jaksa Pinangki Sebagai PNS Kejagung

Ia menikahi Djoko yang berstatus duda selama dua tahun lamanya.

Djoko Budiharjo disebut-sebut sebagai ladang kekayaan jaksa Pinangki.

Djoko Budiharjo, suami pertama JaksaPinangki Sirna Malasarisebelum menikah dengan periwira polisi, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf.

Baca Juga: Rela Jadi Mualaf Demi Kekasih Hati, Begini Kisah Tragis Perjalanan Cinta Pierre Tendean, Ajudan Jenderal AH Nasution yang Gugur di Tangan PKI

SosokDjoko Budiharjodiungkap mantan istrinya, Indri, yang memilih bercerai karenaDjoko Budiharjoakhirnya menikahi Jaksa Pinangkisecara resmi.

Dalam acaraFakta TVOne,Senin (7/9/2020), seperti dikutip dariSurya.co.id dijelaskan bahwa Indri menyatakanDjoko Budiharjoadalah mantan Kajati Jabar, Kajati Pekanbaru, Kajati Sulawesi Tenggara, dan Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan.

Djoko Budiharjo kini telah meninggal dunia.

Baca Juga: Jadi Mars PKI? Pencipta Lagu Gendjer-gendjer Hilang Usai Peristiwa G30S, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya

Menurut pengakuan Indri, suaminya mengenal Pinangki saat masih menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi di Pekanbaru di Riau.

SaatDjoko Budiharjomutasi menjadi Kajati Jabar, ia membiayai kuliah Pinangki di Fakultas Hukum Universitas Ibnu Khaldun di Bogor hingga lulus dan menjadi jaksa.

Kepada Indri,Djoko Budiharjomengaku kalau Pinangki adalah anak kenalannya yang membutuhkan biaya kuliah.

Baca Juga: Bukan TNI, Berpakaian Serba Hitam dengan Senjata Keris, Begini Sosok Pasukan Gagak Hitam yang Jadi Algojo Maut Orang-orang PKI

Tribunnews

Rabu (23/9/2020), Jaksa Pinangki Sirna Malasari menjalani sidang dakwaan di kasus pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) terkait dengan Djoko Tjandra Soegiarto

Kepada rekan-rekannya,Djoko Budiharjomengaku sebagai paman dari Pinangki.

Belakangan Indri mengetahui kalau Pinangki telah menikah siri dengan suaminya, hingga Indri pernah melabrak Pinangki di rumahnya yang dibelikanDjoko Budiharjo.

"Saya bilang tinggalkan saja Pak Djoko. Dia kan anaknya udah banyak," jelas Indri.

Saat itu Pinangki menjawab dirinya rela menjadi istri keduaDjoko Budiharjokarena butuh biaya kuliah.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Sangkal Dicopot Karena Film G30S/PKI, Mahfud MD Sebut Pemerintah Tak Larang Nonton Dokumenter Sejarah Itu, Tapi...

Djoko Budiharjo secara resmi menikahi Jaksa Pinangkiusai dirinya pensiun.

Indri sendiri kemudian pulang ke rumah orangtuanya di Lampung usai Djoko menikahi Pinangki hingga dirinya memutuskan untuk bercerai.

Indri pun tidak bisa memungkiri bahwa pasti dirinyalah yang akan tersingkir.

"Saya terus terang juga banyak anak-anak saya yang perempuan, jangan sampai kita jadi yah, ganggu rumah tangga orang, jadi akibatnya ya itu dia," ucap Indri.

Baca Juga: Kerap Bikin Geger di Awal Pandemi Covid-19, Menko Luhut Binsar Ungkap Fakta Mengejutkan Soal Menkes Terawan yang Disindir Telak Najwa Shihab

"Saya sendiri sakit yah, gimana lah perasaan wanita hancur lah, sekian puluh tahun jadi pendamping kita tahu lah gimana istri muda pasti lebih butuh kedekatan, yang lebih dibanggakanlah ya, lebih baik saya mengalah saja," ungkapnya.

"Kalau orang Jawa bilang, becik ketitik olo ketoro (sebuah kebaikan maupun sebuah keburukan pada suatu saat nanti akan terlihat dengan sendirinya).Toh akibatnya akan kembali ke kita," pungkasnya.

Baca Juga: Nyerah Hartanya Rp 1,2 Triliun Dirampas Sri Mulyani, Ternyata Pangeran Cendana Ini Masih Punya Deretan Bisnis yang Tak Bakal Habis 7 Turunan, Berikut Daftarnya

Sosok Djoko Budiharjo itu diungkap Penasihat HukumPinangkisaat membacakan nota pembelaan atau eksepsi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Eksepsi itu dibacakan bergantian, di antaranya Aldres Napitupulu dan Jefri Moses.

"Dalam kesempatan ini kami sedikit menyampaikan mengenai profile terdakwa agar diketahui dan menjadi pertimbangan awal dari Majelis Hakim, hal ini sengaja terdakwa sampaikan di persidangan ini sekaligus menjawab pertanyaan yang juga sering dilontarkan di media perihal gaya hidup yang dianggap berkelebihan dan tidak sesuai profil sebagai jaksa," kata penasihat hukum.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Sudah 4 Kali Transfer, Ternyata 330 Ribu Pekerja Belum Terima Bantuan Rp 2,4 Juta Karena 5 Alasan Ini, Cepat Cek Lewat Hape

istimewa

Jaksa Pinangki Sirna Malasari berfoto bersama Anita Kolopaking dan Djoko Tjandra

Pinangki secara resmi menikahiDjoko Budiharjopada 2006.

Ia menikahi Djoko yang berstatus duda selama dua tahun lamanya.

"Namun pernikahan antara terdakwa dan suaminya ini berakhir dengan meninggalnya Djoko Budiharjo pada Februari 2014," kata dia.

Djoko selama hidupnya pernah menjabat sebagai Kajati Riau, Kajati Sulawesi Tenggara, Kajati Jawa Barat, terakhir sebagai Sesjamwas.

Baca Juga: Dituding Jadi Dalang Peristiwa G30S/PKI, Inilah Derita Keluarga DN Aidit, Jenazah Membusuk Hingga 3 Hari di Rumah Kosong

Kemudian setelah pensiun, Djoko berpraktek sebagai advokat.

Saat Djoko berprofesi advokat inilah Pinangki mengetahui suaminya menyimpan uang dalam bentuk bank notes mata uang asing.

Hal itu bentuk warisan kepada Jaksa Pinangki untuk kelangsungan hidup karena Djoko menyadari tidak akan bisa mendampingi istrinya yang terpaut beda usia 41 tahun.

Baca Juga: Disindir Habis-habisan Bintang Emon, Inilah 5 Blunder Menkes Terawan Saat Awal Pandemi Covid-19, Jadi Alasan Absen di Acara Najwa Shihab?

"Sehingga almarhum pun menyiapkan banyak tabungan tersebut," kata dia.

Selepas ditinggal sang suami, Jaksa Pinangki akhirnya menikah dengan perwira Polri, Napitupulu Yogi Yusuf.

Dan mengingat peninggalan Djoko yang cukup banyak itu, maka dalam pernikahan keduanya ini membuat Perjanjian Pisah Harta dengan Napitupulu Yogi Yusuf.

Baca Juga: Terlilit Utang China, Australia Meradang Pengaruhnya Mulai Diambil Alih di Timor Leste, Tapi Enggan Bantu Rakyat Bumi Lorosae

Aldres mengatakan, pemaparan soal riwayat Djoko untuk memberikan pencerahan terkait sumber pendapatan Jaksa Pinangki.

Sebab, jaksa penuntut umum mendakwakan Pinangki membelanjakan uang untuk mengaburkan asal-usul duit haram hasil suap dariDjoko Tjandra.

Pinangki dituduh telah melakukan tindak pencucian uang.

Baca Juga: Blak-blakan Akui Dekat dengan Taipan Tomy Winata, Kekayaan Gatot Nurmantyo Naik Drastis Sebelum Pensiun dari TNI, Ternyata Semuanya Berasal Dari Sini

Figur Jaksa Pinangki Sirna Malasari tiba-tiba muncul ke depan kamera lantaran terkait dalam kasus korupsi Djoko Tjandra.

Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung. Jaksa Pinangki diduga menerima suap senilai USD 500 ribu terkait pelarian terpidana cessie Bank Bali, Djoko Tjandra.

Seperti diketahui, Jaksa Pinangki sempat menikah dengan seorang mantan jaksa yang bernama Djoko Budiharjo.

Baca Juga: Dulu Bangga dengan Tubuhnya yang Besar, Kini Foto Penampilan Dewi Hughes Bikin Pangling Usai Hilang dari Panggung Hiburan

Bahkan jabatan Pinangki sebagai jaksa sekarang ini, diduga berkat bantuan mantan suaminya itu.

Perubahan gaya hidup Jaksa Pinangki disebut-sebut, setelah dirinya menjabat sebagai jaksa.

Hidupnya pun semakin glamor usai menikah dengan mantan suaminya, Djoko Budiharjo yang juga sebagai pejabat tinggi di Kejaksaan.

Baca Juga: Bikin Hati Orangtua Murid Lega, Menteri Nadiem Makarim Akhirnya Ubah Aturan Belajar Tatap Muka

Hal itu disampaikan Vanda Kusumaningrum, keponakan Djoko Budiharjo dalam kanal youtube Hersubeno Point, yang diunggah, Sabtu (15/8/2020).

"Kalo saya sih, iya jauh lah ya, dia dari mana akhirnya belajar banyak untuk bergaul dengan pejabat harus ke luar negeri dibawa pakde saya sampai ke pergaulan itu," kata Vanda.

Baca Juga: Rumah Tangganya Baru Seumur Jagung, Nadya Mustika Sudah Berani Ungkap Hati yang Galau Hingga Ibu Kandung Bongkar Aib Istri Rizki DA

Mulai dari operasi hingga implan juga dilakukan Jaksa Pinangki demi penampilan terlihat cantik.

"Apalagi kalo lihat fotonya sekarang cantik banget beliau," kata Vanda.

Maka dari itu, kehidupan Jaksa Pinangki kini menurut Vanda cukup berubah drastis dari kehidupannya sebelumnya.

Tribun

Jaksa Pinangki bersama Djoko Tjandra dan pengacaranya

"Mungkin dulu cita-citanya dia masuk pergaulan seperti itu karena ini jauh banget lah."

"Dia yang gak punya apa-apa sekarang jadi life style hedon banget," tuturnya.

Namun Jaksa Pinangki disebut-sebut menikah Joko hanya ingin agar bisa melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi.

Baca Juga: Malang Benar Nasibnya, Calon Pendeta Ini Mengaku Lagi Datang Bulan, Pelaku Rudapaksa Malah Tambah Beringas, Ujungnya Berakhir Tragis!

Karena selama menikah, Pinangki tak pernah mengurus mantan suaminya sedang sakit.

Hal itu diceritakan oleh Vanda Kusumaningrum, keponakan mantan suami Pinangki, di dalam kanal youtube Hersubeno Point yang diunggah, Sabtu (15/8/2020).

"Pakde saya nasibnya seperti dipake untuk menyekolahkan dia habis itu udah," kata Vanda dikutip.

Facebook

Jaksa Pinangki Sirna Malasari dicopot dari jabatannya karena diduga terlibat kasus Djoko Tjandra

"Tapi setelah Pinangki S3 dan jadi jaksa, akhirnya pakde saya udah tua, dan waktu itu operasi prostat dua kali sampai gak diurusi sama Ibu Pinangki ini, sedihnya sih pas udah mulai sakit-sakitan," sambungnya.

Sampai hal yang tak terduga pun datang, tiba-tiba Pinangki dilamar oleh salah seorang pria ketika suami tengah sakit.

Padahal pada saat itu Jaksa Pinangki masih berstatus istri Joko.

Baca Juga: Kabar Gembira Lagi Buat ASN, Tahun Depan THR dan Gaji Ke-13 PNS Dibayar Penuh Termasuk Tunjangan Kinerja

Mulai dari situ sakit mantan suaminya semakin parah dan kemudian meninggal dunia.

"Begitu ada kejadian di mana si calon suami Pinangki tiba-tiba ke rumah untuk melamar si Ibu Pinangki padahal statusnya masih istri pakde saya," ungkap Vanda.

"Nah itu yang membuat pakde saya syok, jatuh sakit dan nggak lama setelah itu beliau meninggal. Itu tekanan batin juga sih," paparnya.

(Ilham/Hasanuddin).

Sumber: Tribunnews.com/Surya.co.id.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma