Prabowo Bantah Gunakan Ivermectin, Susi Pudjiastuti Cerita Obat Cacing Ampuh Hilangkan Corona

Rabu, 30 Juni 2021 | 11:11
Instagram

Susi Pudjiastuti menceritakan pengalamannya membantu karyawannya yang terinfeksi Covid-19 dengan obat Ivermectin.

Fotokita.net -Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membantah telah menggunakan obat Ivermectin demi menangkal virus corona. Namun, Susi Pudjiastuti malah bercerita obat cacing itu ampuh menghilangkan Covid-19.

Kabar Prabowo mengonsumsi Ivermectin selama 4 bulan terakhir sempat membuat heboh. Bantahan inidisampaikan Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

"Tidak benar bahwa Pak Prabowo telah mengonsumsi Ivermectin," ujar Dasco kepada wartawan, Senin (28/6/2021).

Dasco mengaku sudah mengonfirmasi hal tersebut kepada Prabowo. Prabowo, tegas dia, sama sekali tidak pernah mengonsumsi Ivermectin.

Baca Juga: Jangan Sampai Nyesal Karena Baru Tahu, Menangkal Varian Delta Ternyata Ampuh dengan Cara Segampang Ini

"Saya sudah tanyakan langsung ke beliau dan beliau membantah telah mengonsumsi obat itu. Pak Prabowo sama sekali belum pernah mengonsumsi obat itu," ujar Dasco.

Wakil Ketua DPR itu pun meminta pernyataan yang menyebutkan Prabowo menggunakan Ivermectin dicabut. Sebab, lanjut Dasco, Prabowo tidak pernah mengonsumsi obat Ivermectin.

Baca Juga: Prabowo Disebut Konsumsi Obat Kutu Anjing Demi Tangkal Corona, Ajudan Buka Suara

"Itu pernyataan tidak benar dan berita menyesatkan. Saya minta pernyataan itu dicabut karena tidak sesuai fakta. Jangan sampai masyarakat mendapat informasi yang tidak benar," tutur dia.

Begitu mendengar Prabowo disebut mengonsumsi Ivermectin demi menangkal Covid-19, ajudannya segera buka suara.

Rizky Irmansyah, ajudan Prabowo, langsung membantah adanya kabar itu. Ia lantas menuliskan penjelasan di kolom komentar foto unggahan di akun Instagram pribadinya @rizky_irmansyah.

Baca Juga: Pasti Nyesal Baru Tahu Sekarang, Membasmi Tikus di Rumah Ternyata Gampang Banget, Modalnya Cuma Cuka

Rizky mengatakan bahwa berita Prabowo menggunakan obat Ivermectin tidaklah benar. Ia menegaskan Prabowo tak pernah mengonsumsi obat tersebut.

"Berita ini tidak benar, informasi bahwa Pak Prabowo mengkonsumsi ivermectin selama 4 bulan terakhir adalah tidak benar," tulis Rizky seperti dikutip, Selasa (29/6/2021).

"Pak Prabowo tidak pernah sekalipun mengkonsumsi ivermectin. Jadi sekali lagi saya sampaikan, berita ini tidak benar. Terima kasih," sambungnya.

Baca Juga: Pasti Nyesal Baru Tahu Sekarang, Mengusir Tikus dari Rumah yang Paling Mudah Cuma Pakai Kantong Teh Bekas, Ini Triknya

Instagram Rizky Irmansyah

Rizky Irmansyah (kiri) ajudan Prabowo Subianto membantah menteri pertahanan mengonsumsi obat kutu anjing atau Ivermectin demi menangkal virus corona.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) menyetujui pelaksanaan uji klinis obat cacing Ivermectin untuk obat Covid-19.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan, persetujuan uji klinis Ivermectin sebagai obat untuk Covid-19 ditetapkan berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ada juga guideline dari WHO, dikaitkan dengan Covid-19 treatment yang merekomendasikan Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinik," kata Penny saat siaran pers yang ditayangkan melalui YouTube BPOM, Senin (28/6/2021).

Ia mengatakan, data-data epidemiologi dan publikasi global telah menunjukkan bahwa Ivermectin berpotensi digunakan untuk penanggulangan Covid-19.

Baca Juga: Heboh Obat Cacing untuk Covid-19, Ternyata Corona Hilang Cuma dengan Terapi Sederhana Ini

Penny mengatakan, uji klinis dilakukan di 8 rumah sakit, yaitu RS Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RS Soedarso Pontianak, RS Adam Malik Medan, RSPAD Gatot Soebroto, RSAU Esnawan Antariksa, RS Suyoto, dan RSD Wisma Atlet.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menceritakan pengalamannya membantu beberapa karyawannya yang terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Bisa Menular Cuma dengan Papasan Selama 5 Detik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Alami Gejala Terinfeksi Virus Corona Varian Delta

Tercatat ada 8 orang karyawan yang positif Covid-19, dengan rincian 3 orang melakukan isolasi mandiri di tempat Susi dan 5 lainnya di rumah masing-masing.

Susi mengatakan, bantuan yang diberikan berupa pemberian obat-obatan dan multivitamin. Salah satu obat yang diberikan Susi adalahobat cacing Ivermectin.

Saat ini, Ivermectin memang tengah diuji klinis di 8 rumah sakit untuk pengobatan pasien Covid-19.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Rekor Lagi, Zaidul Akbar Singgung Obat dari Segala Penyakit Sesuai Pesan Nabi

"Saya tidak meyakinkan karena saya juga bukan seorang dokter. Tapi, dalam keputusasaan dan kesulitan penuhnya RS dan lain-lain, saya pikir apa pun patut dicoba," kata Susi Pudjiastuti dalam video singkat yang diterima, Rabu (30/6/2021).

Sebelum memberikan obat tersebut, Susi mengaku membaca berbagai riset dan berita, serta bertanya kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain Ivermectin, Susi juga memberikan Paracetamol dan beberapa multivitamin kepada para karyawannya.

Baca Juga: Punya Harta Duniawi Rp 1,5 Miliar, Orang Rimba Terpaksa Kubur Uangnya Dalam Tanah Gegara Hal Ini

Instagram

Susi Pudjiastuti menceritakan pengalamannya membantu karyawannya yang terinfeksi Covid-19 dengan obat Ivermectin.

"Di tengah kegalauan, akhirnya saya harus menghubungi Pak Erick Thohir atas beberapa riset dan artikel yang muncul. Saya mencoba memadukan (obat) sesuai anjuran dokter yang ada di Pangandaran untuk isolasi mandiri memakai Paracetamol, Ivermectin, dan beberapa multivitamin," ucapnya.

Meski sempat bimbang, wanita asal Pangandaran, Jawa Barat, tersebut bisa bernapas lega karena karyawannya sudah dinyatakan negatif Covid-19.

Baca Juga: Satu Indonesia Tertipu, Sering Dibuang dari Dapur Ternyata 5 Bahan Masak Ini Ampuh untuk Tangkal Varian Delta

"Dan alhamdulillah hari ketujuh semua sudah negatif. Kadang memang kita membuat satu keputusan yang akhirnya harus kita lakukan.

Saya berharap ilmuwan, dokter, medical Indonesia, bisa segera menjadikan risetnya untuk memastikan apa yang dipakai untuk terapis Covid-19," pungkas Susi.

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Kena Tipu, Larutan NaCl Disebut Bisa Bersihkan Virus Corona di Hidung, Penjelasan Ahli Ternyata Justru Sebaliknya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya