Follow Us

Warga Se-Indonesia Kena Tipu, Larutan NaCl Disebut Bisa Bersihkan Virus Corona di Hidung, Penjelasan Ahli Ternyata Justru Sebaliknya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 28 Juni 2021 | 08:13
Ilustrasi membersihkan hidung. Larutan NaCl bisa membersihkan virus corona di hidung kembali ramai dibahas.
Istimewa

Ilustrasi membersihkan hidung. Larutan NaCl bisa membersihkan virus corona di hidung kembali ramai dibahas.

Fotokita.net - Baru-baru ini ramai sebuah video yang diklaim dapat membersihkan virus corona di hidung. Video yang menunjukkan cara membersihkan hidung dengan larutan NaCl ini beredar di Twitter. Namun, penjelasan ahli justru sebaliknya.

Melalui sebuah video, seorang pria tampak menunjukkan cara membersihkan virus di hidung. Ia memasukkan cairan yang disebut sebagai larutan NaCl ke dalam hidung dengan bantuan suntikan.

Akun Twitter @mbahndi mengunggah video itu pada Sabtu (26/6/2021). Dalam keterangannya, akun itu menulis begini, "Cara Cuci Hidung Membersihkan Virus dan Bakteri di Lubang Hidung Cara Cuci Hidung Dengan NaCl 0.9 persen dan spuit 10cc Yang Bisa Teman-teman Lakukan Setelah Aktifitas Seharian di luar rumah. Teman juga bisa menggunakan air larutan garam 1 persen tapi garam non yodium atau garam kasar."

Baca Juga: Bisa Menular Cuma dengan Papasan Selama 5 Detik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Alami Gejala Terinfeksi Virus Corona Varian Delta

Sampai saat ini, netizen merespon positif atas unggahan video tersebut. Terbukti dari video itu sudah dibagikan sebanyak 2.255 kali dan disukai oleh 7.245 netizen.

Lalu, yang menjadi pertanyaan kemudian benarkah larutan NaCl dapat membersihkan virus corona dalam hidung?

Baca Juga: Satu Indonesia Tertipu, Sering Dibuang dari Dapur Ternyata 5 Bahan Masak Ini Ampuh untuk Tangkal Varian Delta

Membersihkan hidung dengan larutan NaCl memang sempat ramai pada pada masa awal pandemi Covid-19 merebak. Sebab, kebersihan tubuh menjadi salah satu kunci untuk menangkal virus corona masuk ke dalam badan. Nah, ketika itu, membersihkan hidung diyakini bisa mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh.

Tak cuma dengan mencuci tangan, membersihkan hidung juga perlu dilakukan karena hidung menjadi salah satu organ yang bisa menjadi pintu masuk virus corona.

Membersihkan hidung sangat mudah untuk dilakukan. Disarankan untuk membersihkan hidung menggunakan cairan NaCl, bukan menggunakan larutan garam dapur.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Rekor Lagi, Zaidul Akbar Singgung Obat dari Segala Penyakit Sesuai Pesan Nabi

“Kita tidak menganjurkan cuci hidung dengan garam dapur, karena garam dapur yang ada di Indonesia itu sudah difortifikasi dengan yodium. Yodium itu sifatnya merusak selaput lendir,” jelas Dr. dr. Retno S. Wardani, SpTHT-KL(K) dari Divisi Rinologi, Departemen THT-KL FKUI-RSCM seperti dilansir Suara, Kamis (18/6/2020).

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest