Follow Us

Jangan Sampai Nyesal Karena Baru Tahu, Menangkal Varian Delta Ternyata Ampuh dengan Cara Segampang Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 30 Juni 2021 | 10:30
Menangkal virus Corona varian Delta ternyata ampuh dengan cara sederhana ini.
Istimewa

Menangkal virus Corona varian Delta ternyata ampuh dengan cara sederhana ini.

Fotokita.net - Lonjakan kasus Covid-19 yang meningkat selama tiga pekan terakhir membuat khawatir. Melonjaknya penambahan kasus ini pun diduga ada hubungannya dengan penyebaran varian baru Corona, yaitu varian Delta.

Melihat kondisi itu, sejumlah pakar telah menyebutkan bahwa menangkal varian Delta ternyata ampuh dengan cara segampang ini. Nah, kita pun diminta tak malas untuk melakukannya.

Mutasi virus Corona terus bermunculan. Beragam varian baru Covid-19 terdeteksi di sejumlah negara. Varian Delta atau B1617.2 yang pertama kali diidentifikasi di India dan kini sudah masuk Indonesia.

Catatan paling baru, para ilmuwan mengumumkan varian Lambda atau C37 yang juga perlu diantisipasi.

Baca Juga: Prabowo Disebut Konsumsi Obat Kutu Anjing Demi Tangkal Corona, Ajudan Buka Suara

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan varian C37 atau varian Lambda yang pertama kali ditemukan di Peru, sudah menyebar ke 29 negara.

Dokter spesialis penyakit dalam Andi Khomeini Takdir menyarankan masyarakat disiplin menggunakan masker untuk mencegah penularan Covid-19 yang kembali meningkat. Bahkan satu masker saja dianggap tidak cukup untuk mengurangi risiko penularan varian baru Covid-19.

Baca Juga: Warga Se-Indonesia Kena Tipu, Larutan NaCl Disebut Bisa Bersihkan Virus Corona di Hidung, Penjelasan Ahli Ternyata Justru Sebaliknya

Ketua Junior Doctor Network (JDN) itu mengatakan anjuran masker dobel itu berasal dari hasil riset Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, yang menunjukkan efektivitas masker mencegah virus corona meningkat jika digunakan dua lapis.

“Kalau kita hanya menggunakan satu, maka tingkat proteksi yang dihadirkan oleh si masker itu terhadap virus ini sekitar 60 sampai 80 persen. Tapi kalau kita menggunakan dua lapis, maka tingkat proteksinya bisa naik sampai 90 persen,” jelas Andi pada Dialog Produktif Semangat Selasa yang disiarkan secara virtual pada Selasa, 29 Juni 2021.

Andi menegaskan, cara paling efektif untuk mengatasi temuan varian-varian ini adalah menggunakan masker. Untuk proteksi maksimal, masker bisa digunakan berlapis dobel.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest