Follow Us

KKB Egianus Kogoya Sebar Foto Pembakaran Pesawat Susi Air, Segini Harga Pilatus Porter PC-6

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 17 Februari 2023 | 10:16
Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC-6 dibakar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.
Istimewa

Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC-6 dibakar KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya.

Fotokita.net - KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya telah menyebarkan foto pembakaran pesawat Susi Air di media sosial. Armada perintis jenis Pilatus Porter PC-6 ternyata dibeli perusahaan Susi Pudjiastuti dengan harga segini.

Dalam foto pembakaran itu, pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) tampak menaiki kabin pilot. Mereka juga membongkar isi pesawat dengan registrasi PK-BVY.

Selain itu, anak buah Egianus Kogoya juga memajang foto pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens yang disandera. Pilot pemegang paspor Selandia Baru ini dikawal pasukan TPNPB-OPM lengkap dengan senjata di Papua Pegunungan.

Pilot Susi Air yang berusia 37 tahun itu sudah disandera selama sepuluh hari oleh TPNPB-OPM terhitung sejak pesawat yang ditumpanginya dibakar pada Selasa (7/2/2023) sampai Jumat (17/2/2023).

Anak buah Egianus Kogoya membakar pesawat perintis milik Susi Air di bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Foto pembakaran ini yang kemudian disebarkan melalui media sosial.

Berdasarkan foto dan video yang dikirim oleh Juru Bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom, Philips tampak memakai celana pendek dan baju berwarna hitam.

Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrten yang disandera pasukan TPNPB-OPM di Papua Pegunungan.
Istimewa

Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrten yang disandera pasukan TPNPB-OPM di Papua Pegunungan.

Dia juga terlihat memakai jaket jeans berwarna biru, topi dan memakai sepatu lengkap. Philips berdiri dan dikelilingi oleh pasukan TPNPB-OPM. Beberapa di antara mereka terlihat mengacungkan senjata api.

Dalam potongan video yang disebarkan, Sebby mengakui pihaknya menyandera Philips sebagai jaminan agar kemerdekaan Papua diakui. TPNPB-OPM menjadikan Philips sebagai tahanan politik.

Hal itu diucapkan Sebby didampingi oleh Ketua Dewan Militer TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma, Mayor Oscar Wandikboia.

Baca Juga: Biodata Pilot Susi Air, Wajah Awet Muda Tapi Umur Jauh Lebih Tua Dibanding Egianus Kogoya, Fotonya Dirilis KKB

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular