Follow Us

Kenyang Terbang Ekstrem di Afrika, Kondisi Pilot Susi Air yang Pesawatnya Hancur di Hutan Papua Jadi Sorotan, Foto Evakuasinya Beredar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 24 Juni 2022 | 11:37
Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.
Facebook

Pesawat Susi Air ditemukan hancur di hutan Papua. Kondisi pilotnya jadi sorotan. Dia kenyang pengalaman terbang ekstrem di Afrika.

Fotokita.net - Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Duma ke Timika. Pesawat itu ditemukan dalam kondisi hancur di hutan Papua. Kondisi pilot Susi Air Dayle Peter Houzet yang kenyang terbang ekstrem di Afrika menjadi sorotan. Foto evakuasinya terungkap.

Tim SAR gabungan yang diterjunkan berhasil menemukan lokas kecelakaan pesawat Susi Air. Evakuasi enam penumpang dan pilot pesawat Susi Air dilakukan dengan menggunakan helikopter Caracal TNI-AU.

Foto evakuasi pesawat Susi Air yang terlihat hancur lebur di hutan Papua beredar di media sosial. Di foto itu, pesawat Susi Air terlihat patah di sejumlah bagian. Badan pesawat terhempas di antara pepohonan hutan Papua. Kondisi pilot Susi Air yang pesawatnya hancur itu menjadi sorotan. Dia sudah kenyang terbang ekstrem di Afrika.

Tim SAR gabungan langsung melaksanakan proses evakuasi menggunakan helikopter TNI AU. Pada pukul 12.06 WIT, helikopter TNI AU EC-725/HT-7202 yang membawa tujuh korban kecelakaan berhasil mendarat.

Adapun setelah helikopter mendarat, para korban kecelakaan pesawat langsung diangkut oleh ambulans untuk menuju RSUD Kabupaten Mimika. Mereka mendapatkan pengobatan dan pemulihan pascakecelakaan tersebut.

Adapun nama-nama penumpang pesawat Susi Air dalam penerbangan menuju Timika adalah Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimbau.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menjelaskan kondisi pesawat Susi Air, yang mengalami kecelakaan di Timika, rusak parah. Pesawat mendarat darurat saat perjalanan dari Bandara Moses Kilangin Timika menuju Duma, Kabupaten Paniai.

Baca Juga: Semua Penumpang di Pesawatnya Selamat, Ternyata Pilot Susi Air yang Kecelakaan di Papua Punya Pengalaman Ekstrem, Foto Sosoknya Beredar

“Pilatus Porter PC-6 PK BVM milik PT Asi Pudjiastuti Aviation mengalami rusak berat diakibatkan crash landing pada posisi C0 4°02’54.00″S/136°43’06.00″E,” tutur Ramadhan pada Kamis, 23 Juni 2022, sebagaimana dilansir Tempo.

Meski demikian, Ramadhan memastikan seluruh korban kecelakaan pesawat Susi Air selamat. Penumpang telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Mimika.

“Dari tujuh penumpang selamat, tiga penumpang dan pilot mengalami luka patah kaki, sedangkan tiga penumpang lainnya mengalami luka-luka,” kata Ramadhan.

Pesawat Susi Air yang diawaki oleh pilot Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan pukul 08.20 WIT. Pesawat sebelumnya hilang kontak setelah berangkat dari Timika menuju Duma pukul 05.34 WIT. Seharusnya, pesawat dijadwalkan kembali ke Timika sekitar pukul 08.00 WIT.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest