Follow Us

Bantai Ustaz Setelah Idul Adha, Ini Foto Tampang Egianus Kogoya Gembong KKB Papua, Ngaku Sandera Pilot Susi Air

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 10 Februari 2023 | 11:52
Egianus Kogoya gembong KKB Papua yang pernah membantai seorang ustaz asal Sulsel. Kini sandera pilot Susi Air.
Istimewa

Egianus Kogoya gembong KKB Papua yang pernah membantai seorang ustaz asal Sulsel. Kini sandera pilot Susi Air.

Fotokita.net - Gembong kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kembali berulah. Kelompok teroris ini menebarkan ancaman terhadap 15 pekerja pembangunan puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

KKB yang dipimpin Egianus Kogoya itu juga membakar pesawat Pilatus PK-BPY milik maskapai Susi Air. Egianus mengaku menyandera pilot Susi Air, Phillips Max Marthin asal Selandia Baru.

Dalam foto yang beredar, tampang Egianus Kogoya terlihat jelas. Dia memiliki rambut hitam tebal. Laki-laki asal Papua Pegunungan ini juga tampak berewok dan berkumis dengan kulit berwarna gelap.

Pada foto tersebut, Egianus Kogoya juga memakai pengikat kepala dengan corak bendera Inggris. Dia terlihat membawa senjata api jenis Minimi yang merupakan senapan mesin ringan.

Egianus Kogoya tampak mengenakan kemeja dengan dalaman kaos berwarna hitam dan celana loreng. Selain itu, dia juga mengalungkan sejumlah amunisi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan sejak 2018-2023 Egianus Kogoya dan anak buahnya kerap melakukan kejahatan khususnya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Egianus dkk dinilai sebagai kelompok kriminal yang paling eksis dan aktif menebar teror.

"Dari data kami dia (Egianus Kogoya) sebagai KKB yang sangat eksis dan aktif membahayakan keselamatan warga masyarakat," ungkap Benny saat dikonfirmasi awak media, Kamis (9/2/2023).

Sebelum menyandera pilot Susi Air, Egianus Kogoya sempat membantai seorang ustaz asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bernama Daeang Marannu.

Ustaz Daeng Marannu sempat memberikan khotbah Idul Adha sebelum meregang nyawa. Daeng Marannu adalah seorang dai yang biasa berdakwah di Masjid Kenyam, Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga Papua.

Sebelum dibantai KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya, Ustaz Daeng sempat memberikan khotbah saat salat Idul Adha di kampung itu.

Baca Juga: Khotbah Idul Adha Jadi Dakwah Terakhir, Begini Ucapan Ustaz Asal Sulsel yang Bikin KKB Papua Egianus Kogoya Murka, Foto Jenazahnya Bikin Nyesek

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular