Follow Us

Disandera Egianus Kogoya, Kondisi Pilot Susi Air Berubah, Fotonya Dirilis OPM

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 14 Februari 2023 | 23:28
Pilot Susi Air Phillip Max Merthens menjadi samdera OPM pimpinan Egianus Kogoya.
Istimewa

Pilot Susi Air Phillip Max Merthens menjadi samdera OPM pimpinan Egianus Kogoya.

Fotokita.net - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) pimpinan Egianus Kogoya merilis foto pilot Susi Air Kapten Philip Max Marten yang disandera sejak Selasa pekan lalu. Dalam foto yang dibagikan, Philip nampak dijaga oleh sejumlah pria bersenjata laras panjang di bawah bendera Bintang Kejora.

Selain itu, dalam salah satu foto nampak Philip mengenakan celana pendek dan jaket dengan kaus bergambarkan bendera Papua Merdeka.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut foto itu dirilis untuk membantah klaim Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang menyebut pilot Susi Air bukan disandera oleh OPM, melainkan menyelamatkan diri.

"Kami sampaikan bahwa Panglima TNI adalah pembohong besar, karena TPNPB sudah mengakui bertanggung jawab atas bakar pesawat dan sandera pilot Susi Air yang berwarga negara Selandia Baru, dan kami tepati janji kami dan bertanggungjawab secara politik," ujar Sambom dalam keterangannya, Selasa, 14 Februari 2023.

Sambom menyebut Philip menjadi jaminan pihaknya melakukan negosiasi politik terhadap Indonesia.

Pilot Susi Air Philip Max Marthen yang disandera OPM Egianus Kogoya.
Istimewa

Pilot Susi Air Philip Max Marthen yang disandera OPM Egianus Kogoya.

Sebelumnya, TPNPB-OPM meminta agar pemerintah Indonesia melepaskan Papua agar bisa menjadi Papua Merdeka dengan jaminan Kapten Philip.

Philip terlihat tidak mengenakan seragam pilot. Ia tampak mengenakan kaus hitam bergambarkan bendera Papua merdeka yang dibalut dengan jaket jeans.

Anak buah Susi Pudjiastuti itu juga terlihat mengenakan celana pendek dan topi gunung. Nampaknya ia disuruh untuk berpose yang sama oleh pasukan TPNPB-OPM.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menyebut pihaknya bersama Polri mengerahkan berbagai upaya untuk mencari pilot Susi Air Kapten Philip Marten yang disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Baca Juga: Bantai Ustaz Setelah Idul Adha, Ini Foto Tampang Egianus Kogoya Gembong KKB Papua, Ngaku Sandera Pilot Susi Air

"Upaya-upaya pencarian terus dilakukan oleh Tim Gabungan TNI Polri, baik melalui pesawat udara, helikopter maupun melalui jalur darat, dan juga upaya-upaya Pemda Kabupaten Nduga serta para tokoh masyarakat dengan pendekatan soft approach dialog dan membangun komunikasi," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangannya, Selasa, 14 Februari 2023.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest