Follow Us

Gak Banyak yang Tahu, Benda Kecil Ini Bikin Kamera Smartphone Makin Sakti

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 02 Februari 2023 | 15:55
Benda yang ukurannya sedikit lebih besar dari ibu jari ini membuat kamera smartphone makin sakti.
Istimewa

Benda yang ukurannya sedikit lebih besar dari ibu jari ini membuat kamera smartphone makin sakti.

Fotokita.net - Perusahaan semikonduktor Spectricity telah mengembangkan teknologi pencitraan spektral eksklusif yang mampu meningkatkan kamera smartphone secara signifikan dengan menjadikannya lebih cerdas dan mampu menangkap warna secara lebih konsisten, apa pun kondisi pencahayaannya.

Sensor gambar multispektral S1, sebagaimana Spectricity menyebutnya, dapat melihat lebih banyak cahaya daripada sensor RGB tiga warna saat ini. Ini adalah sensor gambar spektral seluler dan modul kamera miniatur pertama yang benar-benar dapat diproduksi secara massal di dunia.

S1 jauh lebih kuat daripada sensor konvensional saat ini yang tidak hanya dapat melihat lebih banyak cahaya tampak, tetapi juga dapat melihat ke arah spektrum inframerah-dekat.

Hasilnya adalah ia mampu mereproduksi warna yang lebih konsisten dalam foto yang terlihat lebih natural dan memiliki keseimbangan putih yang lebih baik daripada yang dapat dilakukan oleh sensor saat ini.

“Kamera standar yang diintegrasikan ke dalam smartphone memiliki sensor RGB yang melihat warna merah, hijau, dan biru,” kata CEO Spectricity Vincent Mouret kepada Digital Trends.

“Kami menambahkan filter untuk membuat hingga 16 gambar berbeda dengan warna berbeda, panjang gelombang cahaya berbeda, cahaya datang dari sumber berbeda, dan cahaya pantulan berasal dari objek pemandangan.

Anda dapat mengidentifikasi banyak properti yang berbeda berkat gambar yang berbeda ini dibandingkan dengan RGB standar.”

Teknologi ini akan memecahkan masalah saat ini: foto smartphone melihat dunia dengan sangat tidak konsisten.

Foto yang diambil dengan perangkat Apple akan terlihat sangat berbeda dari foto yang diambil dengan perangkat Vivo atau Samsung, karena masing-masing “melihat” warna secara berbeda.

Baca Juga: Keren! Samsung Galaxy S23 Pakai Lightroom Buat Edit Foto RAW

Dengan penggunaan sensor kecil ini, kemampuan fotografi smartphone makin mumpuni.
Istimewa

Dengan penggunaan sensor kecil ini, kemampuan fotografi smartphone makin mumpuni.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular