Follow Us

youtube_channeltwitter

Jadi Generasi Paling Melek Teknologi, Begini Kebiasaan dan Karakteristik Gen Z

Yasmin FE - Senin, 30 Januari 2023 | 15:50
Ilustrasi Gen Z
DOK. Shutterstock

Ilustrasi Gen Z

Fotokita.net –Selain masuk dalam jajaran generasi termuda dengan rentang usia 9-26 tahun, generasi Z atau Gen Zjugamenjadi kelompok masyarakat yang paling melek terhadap teknologi.

Hal ini disebabkankarenagenerasi Z telah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikanberbagai perangkatteknologi dengan maksimal.

Karena tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, hampir sebagian besar Gen Zbergantung dengansmartphone, laptop, hingga perangkat teknologi lainnya.

Paparan teknologi ini pula yang membuat Gen Zmampu melakukanmultitaskingalias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu.Misalnya,menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Zjugapunya berbagai kebiasaankhususyangmembedakanmerekadarigenerasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

Baca Juga: Cara Memilih Lensa yang Cocok Buat Foto Wedding, Dijamin Anti Gagal

  1. Susah lepasdarismartphone
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalahlekat dengansmartphone.Pasalnya, selain digunakan sebagai sarana berkomunikasi, perangkat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk melepas bosan.

Alhasil, karenaterbiasa memakaismartphonedi segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawake berbagai tempat, termasukkamar mandi.

  1. Hobigonta-ganti gadget
Perkembangan teknologi yang sangat cepatmembuat berbagaimerkgadgethadir dalam waktu bersamaan. Enggak heran, banyakGen Z cukup gemar bergantismartphone, laptop, atau aksesorisgadgetdalam waktu singkat.

Untuk menemukan jenissmartphoneatau perangkat teknologi yang tepat, Gen Z juga lebih mengandalkanreviewdariinfluencerdi media sosial sebagai referensi mereka.

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempathits
Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanjaonlineserta pergi ke tempathitsseolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Untuk membeli barang yang diinginkan, Gen Z bisa mengandalkan platforme-commercemaupun akun jasa titip (jastip) yang ada di media sosial.

Editor : Fotokita

slide 4 to 6 of 15

Latest