Follow Us

Akhirnya Terungkap, Irjen Ferdy Sambo Masuk Rumah Dinas Tanpa Diikuti Istrinya, Foto Bukti Sang Jenderal Tes PCR Dikantongi Komnas HAM

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 27 Juli 2022 | 19:46
Komnas Ham sudah mengantongi foto bukti Irjen Ferdy Sambo yang masuk rumah dinas tanpa diikuti istrinya. Foto sang jenderal tes PCR juga ada.
Facebook

Komnas Ham sudah mengantongi foto bukti Irjen Ferdy Sambo yang masuk rumah dinas tanpa diikuti istrinya. Foto sang jenderal tes PCR juga ada.

Fotokita.net - Kadiv Propam Polri non aktif Irjen Ferdy Sambo masuk rumah dinas tanpa diikuti istrinya. Fakta ini akhirnya terungkap ketika Komnas HAM memaparkan isi rekaman CCTV terkait peristiwa baku tembak antara Brigadir Yosua atau Brigadir J dan Bharada E. Foto bukti sang jenderal tes PCR juga sudah dikantongi Komnas HAM.

Merujuk informasi yang diperoleh Komnas HAM, Irjen Ferdy Sambo maupun rombongan istrinya yang melakukan perjalanan dari Magelang, melakukan tes PCR di rumah pribadi yang ada di Jalan Saguling III, sekitar 700 meter dari rumah dinas yang menjadi TKP penembakan.

Sebelum melakukan tes PCR, Irjen Ferdy Sambo terlihat masuk rumah dinas tanpa diikuti istrinya. Foto bukti sang jenderal melakukan tes PCR sudah dikantongi Komnas HAM.

Komnas HAM menjelaskan hasil rekaman CCTV terkait kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J. Rekaman CCTV itu memperlihatkan adanya proses tes PCR sebagaimana alibi Irjen Ferdy Sambo pada hari kematian Brigadir J. "Termasuk teman-teman banyak yang tanya apakah di CCTV itu ada prosesi PCR? Ada prosesi PCR," ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam.

Komisioner Komnas HAM itu juga mengatakan CCTV tersebut menunjukkan waktu kapan prosesi PCR itu dilakukan. Irjen Ferdy Sambo, istrinya, dan termasuk Brigadir J melakukan CCTV sepulang dari Magelang.

"Dalam video itu dengan ada jamnya dan prosesi PCR ada semua, termasuk almarhum Yosua," katanya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, Irjen Ferdy Sambo maupun rombongan istrinya yang melakukan perjalanan dari Magelang, melakukan tes PCR di rumah pribadi yang ada di Jalan Saguling III, sekitar 700 meter dari rumah dinas yang menjadi TKP penembakan.

Baca Juga: Lagi-lagi Patahkan Spekulasi Pengacara, Komnas HAM Lantang Sebut Brigadir J Masih Bisa Begini Saat Tiba di Duren Tiga, Foto Pengangkatan Peti Jenazah Diunggah

Saat ini masih dilakukan proses secara digital terhadap HP dan video CCTV dari Magelang hingga Duren Tiga. "Sedang dilakukan proses secara digital untuk HP dan beberapa yang berhubungan dengan CCTV. Di samping kami dikasih video yang sangat banyak, tapi masih ada satu proses yang memang secara teknologi dan secara mekanisme yang ada di Puslabfor memang butuh waktu," kata Anam.

Itu sebabnya, pengambilan keterangan digital ini nantinya akan dilanjutkan minggu depan. "Oleh karenanya, tadi kami sepakati mekanisme pengambilan keterangan digital dan siber ini kami akan lanjutkan minggu depan," sebut Anam.

Anam mengatakan masih ada 20% lagi yang dibutuhkan untuk memperkuat sisi terangnya peristiwa ini. "Ya ini sekitar tinggal 20% lagi yang kami butuhkan untuk memperkuat sisi sisi terangnya peristiwa," tuturnya.

Komnas HAM mengungkap isi rekaman CCTV yang berisi soal perjalanan pulang rombongan Irjen Ferdy Sambo dari Magelang menuju Jakarta.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest