Follow Us

Tolak Ajukan Nama, Begini Alasan Jenderal Andika Perkasa Enggan Ungkap Identitas Dokter RSPAD yang Dipilih Autopsi Ulang Brigadir Yosua, Foto Sosoknya Sengaja Dirahasiakan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 24 Juli 2022 | 20:21
Jenderal Andika Perkasa enggan ungkap identitas dokter RSPAD yang dipilih autopsi ulang Brigadir Yosua. Foto sosoknya sengaja dirahasiakan.
Facebook

Jenderal Andika Perkasa enggan ungkap identitas dokter RSPAD yang dipilih autopsi ulang Brigadir Yosua. Foto sosoknya sengaja dirahasiakan.

Fotokita.net - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menolak mengajukan nama dokter forensik yang akan membantu autopsi ulang jenazah Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. Andika memberikan keterangan mengenai perkembangan permintaan dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) terkait keperluan autopsi ulang jasad Brigadir Yosua alias Brigadir J.

Saat berjumpa dengan wartawan, Andika mengatakan, pihaknya telah menyetujui permintaan bantuan autopsi ulang dari PDFI itu yang menunjuk dokter F dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Setelah dipilih PDFI, Andika enggan mengungkap identitas dokter F dari RSPAD yang akan membantu autopsi ulang Brigadir Yosua. Foto sosoknya juga sengaja dirahasiakan. Begini alasan Andika.

Polri memastikan ada tujuh orang ahli dari perhimpunan yang akan mengikuti autopsi ulang Brigadir Yosua. Polri juga menetapkan lokasi autopsi ulang di Jambi.

"Rumah sakit dari permintaan pihak pengacara ada beberapa rumah sakit yang salah satunya RSCM, RSPAD juga boleh. Pihak pengacara juga menyampaikan seperti itu. Dari berbagai rumah sakit, dokter-dokter memang ekspert di bidang kedokteran forensik itu akan dihadirkan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Gedung Divisi Humas Polri, Jumat lalu.

Dedi mengatakan, pihak keluarga Brigadir J meminta autopsi ulang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo atau RSCM Jakarta Pusat.

Namun, lokasi ini belum bisa dipastikan lantaran masih dalam tahap komunikasi. Begitu pula dengan waktu autopsi ulang Brigadir J. "Ya secepatnya. Secepatnya kalau misalnya pekan depan, pekan depan pasti akan dilakukan oleh penyidik. Penyidik juga tidak mau mengambil risiko," papar Dedi.

Baca Juga: Bikin Jenderal Andika Perkasa Murka, Kodam Diponegoro Sampai Sebar Foto Tampang Kopda Muslimin, Diduga Terlibat Penembakan Istri

Rencana autopsi ulang Brigadir Yosua sudah dirilis. Kegiatan ini akan digelar pada Rabu (27/7/2022) di Jambi. Terkait hal ini, Jenderal Andika Perkasa telah mengabulkan permintaan PDFI yang menunjuk dokter F dari RSPAD.

"Tapi yang jelas dipilih oleh perhimpunan Dokter Forensik karena memang punya kompetensi, dokter F. Ini dari RSPAD," kata Andika kepada awak media di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7/2022).

Andika menjelaskan, keikutsertaan dokter F dalam keperluan autopsi ulang jenazah Brigadir Yosua ini murni bukan keinginan dari TNI. Andika mengaku belum menerima permintaan secara resmi dari Polri untuk bantuan autopsi ulang jenazah Brigadir Yosua.

Namun, Andika telah diberi tahu oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia bahwa mereka sudah memilih Dokter F dari TNI yang bertugas di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, untuk terlibat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest