Follow Us

Tersangkut Kasus Aniaya Anak Anggota DPR, Ternyata Ini Tujuan Luhut Binsar Dirikan Pejuang Bravo 5, Foto Ketuanya Tuai Komentar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 07 Juni 2022 | 09:22
Pejuang Bravo 5 didirikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan untuk tujuan ini. Anggotanya tersangkut kasus penganiayaan anak anggota DPR.
Facebook

Pejuang Bravo 5 didirikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan untuk tujuan ini. Anggotanya tersangkut kasus penganiayaan anak anggota DPR.

Fotokita.net - Nama ormas (organisasi massa) Pejuang Bravo 5 menjadi sorotan setelah anggotanya tertangkap kamera menganiaya Justin Frederick anak anggota DPR RI Indah Kurniawati. Pejuang Bravo 5 didirikan Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia. Ternyata ini tujuan Luhut mendrikan ormas itu. Foto ketuanya menuai komentar netizen.

Aksi penganiayaan terhadap Justin anak anggota DPR itu terjadi di ruas jalan Tol Dalam Kota, dekat gerbang Tol Tebet arah Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (4/6/2022). Dalam video viral di media sosial, terlihat Justin dipukuli oleh Faisal Marasabessy, anak Ali Fanser Marasabessy, Ketua Pemuda Bravo 5.

Faisal Marasabessy yang tertangkap kamera memukuli korban itu kemudian menjadi tersangka. Dia terancam menghabiskan waktu di bui bertahun-tahun.

"Pasal yang disangkakan Pasal 351 KUHP atau Pasal 170 KUHP dengan pidana paling lama 9 tahun penjara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan.

Motif pemukulan di jalanan ini karena pelaku marah. Peristiwa yang terjadi sebelumnya memicu pemukulan itu, yakni serempetan mobil. "Motif pemukulan pelaku emosi karena serempetan dengan mobil korban," kata Zulpan.Saat berada di lokasi, pelaku yang mengendarai Nissan berpelat RFH kemudian melintas di lajur kiri dengan kecepatan tinggi. Mobil pelaku itu lalu pindah lajur ke sebelah kanan hingga menyebabkan serempetan dengan kendaraan korban."Pindah lajur ke kanan dengan cara memotong dan cukup arogan. Akibat pemotongan ini mengakibatkan kendaraan korban terserempet oleh tersangka dan korban merasa diserempet sekitar 100 meter," ujar Zulpan.

Baca Juga: Acungkan Jari Tengah, Anak Anggota DPR Murka Gegara Barang Kesayangannya Dirusak, Foto Terkini Korban Banjir Dukungan

Selain kena pemukulan, korban juga kena sundul orang yang bersama pelaku, yakni Ketua Pemuda Pejuang Bravo 5, Ali Fanser Marasabessy. "Salah satu pelaku (Ali Fanser Marasabessy) menyundulkan kepalanya ke arah muka korban dan mengakibatkan hidung korban keluar darah," kata Kombes Endra Zulpan.Faisal Marasabessy juga ikut turun dari mobil. Dia lalu melakukan pemukulan kepada korban. Video pemukulan Faisal itu yang kemudian viral di media sosial.

Lantaran video pemukulan anak anggota DPR viral, netizen banyak yang penasaran mencari tahu ormas Pemuda Bravo 5 yang diketuai oleh Ali Fanser Marasabessy, pria berkumis tebal dengan kemeja batik yang terterekam kamera membiarkan anaknya menganiaya Justin.

Apabila ditelusuri dari berbagai sumber, Pemuda Bravo 5 adalah bagian dari Pejuang Bravo 5 atau Bravo Lima. Saat ini, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi didapuk sebagai Ketua Umum Pejuang Bravo 5.

Ormas Pejuang Bravo Lima mulanya bernama Bravo 5, kelompok purnawirawan TNI yang dibentuk untuk mendukung Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden 2014. Sebelum menjadi ormas, Bravo 5 adalah tim sukarelawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang terdiri atas para purnawirawan TNI.

Tim sukses Jokowi dalam pilpres 2019 itu didirikan oleh Luhut Binsar Panjatian yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia. Ternyata ini tujuan Luhut Binsar mendirikan Pejuang Bravo 5 yang kini jadi sorotan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest