Follow Us

Dihujat Gegara Lecehkan Pasien Pria, Begini Nasib Mahasiswi Perawat yang Buru-buru Bikin Klarifikasi, Foto Tampangnya Terlanjur Viral

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 02 Juni 2022 | 09:10
Mahasiswi perawat Universitas Aisyiyah dihujat gegara membuat konten pasang kateter pasien pria. Begini nasib pemilik akun @moditabok.
TikTok

Mahasiswi perawat Universitas Aisyiyah dihujat gegara membuat konten pasang kateter pasien pria. Begini nasib pemilik akun @moditabok.

Fotokita.net - Seorang mahasiswi keperawatan mendapatkan hujatan dari netizen gegara dituding telah melecehkan pasien pria. Mahasiswi perawat ini membuat konten pengalaman memasang kateter pasien pria di rumah sakit ke media sosial. Begini nasibnya usai buru-buru bikin klarifikasi. Foto tampangnya terlanjur viral.

Sebuah unggahan video seorang perempuan dengan pakaian mirip perawat ramai dibahas netizen. Sebab, dia mengunggah konten yang bercerita tentang pengalamannya memasangkan kateter ke pasien pria. Tanpa menunggu lama, videonya viral di media sosial.

Netizen yang penasaran dengan identitas pemilik konten perawat memasang kateter pasien pria itu langsun mencari tahu lebih jauh. Awalnya, sempat disebut-sebut pembuat konten ini sebagai pegawai RSUD Wonosari, pihak rumah sakit pun segera memberikan klarifikasinya.

Video unggahan perawat itu dicuitkan oleh akun Twitter @AREAJULID. Akun tersebut memosting potongan unggahan akun TikTok @moditabok yang berisi video tersebut. Hingga Rabu (1/6/2022), cuitan itu telah dikomentari 8.605 kali, di-retweet 11 ribu kali dan mendapatkan like 31 ribu.

Dalam video itu, perempuan mengenakan kacamata tersebut mengungkapkan pengalamannya. Bukan karena sulit atau pasien susah dipasangi kateter, namun justru karena hal lain. Di tengah video yang disertai emotikon api membara itu, dia menuliskan beberapa kalimat.

Bagi netizen, video tersebut dinilai sebagai sebuah pelecehan seksual. "Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis keterangan video tersebut dikutip Rabu (1/6/2022). "Tapi tetap harus profesional ygy," sambungnya.

Setelah tahu kontennya viral, pemilik akun TikTok @moditabok langsung menghapus video miliknya. Dia juga buru-buru memberikan klarifikasinya. Namun, foto tampangnya terlanjur viral di jagat maya.

Baca Juga: Pamer Kekuatan di Jalanan, Ini Foto Sosok Pendiri Khilafatul Muslimin yang Ikut Ngebom Candi Borobudur, BNPT Sampai Buka Suara

Wanita berhijab itu juga mengganti nama akunnya menjadi @yourbabay dan kembali berkomentar. "Pengen amnesia tapi sayang," kata akun tersebut.

Karena banyak dihujat akibat perempuan tersebut telah melakukan dugaan pelecehan seksual serta pelanggaran kode etik profesi perawat, pemilik akun sempat mengunggah video berisikan klarifikasi. Dalam video itu, perempuan tersebut menyampakan permohonan maaf atas videonya.

"Kalau secara aku mengonten salah aku minta maaf yang sebesar-besarnya. tapi ngak ada sama sekali buat menjatuhkan perawat atau apa, ngak, ngak sama sekali. Aku perawat, ngak mungkin aku menjatuhkan profesiku," tulis pemilik akun TikTok @Moditabok dalam klarifikasinya yang diunggah di akun yang sama.Selanjutnya pemilik akun @Moditabok tersebut tersebut menyebut bahwa memasang keteter di kalangan perawat itu merupakan hal yang biasa. "Dan menurut aku kateter itu udah menjadi hal yang umum buat orang-orang rumah sakit dan buat beberapa pasien juga udah tau," lanjutnya."Ramainya konten ini juga karena mereka sering berbagi pengalaman gitu. Coba deh kalau misalnya itu ngak ada pengalaman, ya, mungkin ngak rame kan," imbuhnya. Belakangan akun @Moditabok yang sudah memiliki pengikut lebih dari 16 ribu itu masih bisa ditemukan di TikTok namun semua videonya hilang.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest