Follow Us

Bongkar Penyelundupan Narkoba di Penjara, Foto Mantan Kapolres OKU Timur Masuk Bui Bikin Bingung, Polri Ungkap Fakta Mengejutkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:27
Foto mantan Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon sempat bikin bingung gegara dicopot mendadak Kapolda Sumsel. Kini Polri ungkap fakta mengejutkan.
Facebook

Foto mantan Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon sempat bikin bingung gegara dicopot mendadak Kapolda Sumsel. Kini Polri ungkap fakta mengejutkan.

Fotokita.net - Mantan Kapolres Ogun Komering Ulu (OKU) Timur, AKBP Dalizon yang kini masuk bui sempat bikin bingung publik. AKBP Dalizon yang pernah membongkar kasus penyelundupan narkoba di salah satu penjara besar Tanah Air mendadak dicopot dari jabatannya.

Foto mantan Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon yang kini ditahan Bareskrim Polri menjadi perbincangan publik. Bahkan, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Toni Harmanto menolak bicara lebih jauh perihal kasus AKBP Dalizon. Polri akhirnya mengungkap fakta mengejutkan.

Pada Desember 2021, Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon diganti secara mendadak. Hal ini dibenarkan Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto. “Terhitung hari ini sudah diganti dengan Kapolres baru,” kata Kapolda ditemui usai shalat Asar di Mesjid Polda Sumsel, Senin (20/12/21).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Mantan Kasubdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumsel, saat ini sedang menjalani penyelidikan maupun diklarifikasi oleh Biro Paminal Mabes Polri pada Minggu Malam (19/12/2021). “Sementara ini kita menunggu hasil pemeriksaan yang dari pusat. Fakta-fakta hukum apa saja pemeriksaan di sana,” tambah Kapolda.

Untuk sementara, AKBP Dalizon diberhentikan sementara dari jabatanya karena dalam rangka pelaksanaan penyelidikan/klarifikasi dugaan pelanggaran dari Biro Paminal Divropam Polri.

Ketika itu, hasil pantauan di Mapolres OKU Timur, pintu ruangan Kapolres tertutup rapat. Informasi tentang Kapolres diperiksa Mabes Polri dengan cepat beredar sehingga informasi ini membuat personil Polres setempat terkejut. Ada yang merasa tidak percaya ada karena selama ini mereka tidak pernah mendengar ada masalah.

Namun demikian untuk pelayanan dan kerja anggota berjalan seperti biasa tidak ada aktivitas yang terganggu.

Baca Juga: Mendadak Dicopot Kapolri, Foto Kapolres Padang Pariaman Beri Penghargaan Banjir Pujian, Polri Ungkap Penyebabnya

Selain itu berdasarkan informasi yang dihimpun untuk tidak menghambat kegiatan di Polres OKU Timur Kapolda Sumsel Irjen Toni Harmanto menunjuk AKBP Arif Hidayat Ritonga sebagai Plt Kapolres OKU Timur, yang sebelumnya merupakan Kabagwassidik Ditreskrimsus Polda Sumsel.

"Yang pasti itu kebijakan pimpinan yang di atas, saya tidak tahu, silahkan konfirmasi ke Humas Polda Sumsel,"jelas Kasi Humas Polres OKU Timur, Iptu Edi Arianto.

Jabatan AKBP Dalizon sebagai Kapolres OKU Timur sudah digantikan oleh AKBP Arif Hidayat Ritonga. Diketahui AKBP Arif Hidayat Ritonga sebelumnya merupakan Kabagwassidik Ditreskrimsus Polda Sumsel.

AKBP Arif kini sudah menjabat sebagai Kapolres OKU Timur. Dari informasi yang dihimpun Tribun Sumsel di lapangan, AKBP Dalizon diberhentikan sementara dari jabatanya karena dalam rangka pelaksanaan penyelidikan/klarifikasi dugaan pelanggaran dari Biro Paminal Divropam Polri.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest