Follow Us

Foto Sumy Hastry Purwanti, Ahli Forensik yang Pegang Kunci Terungkapnya Pelaku Pembunuhan di Subang, Ternyata Pegang Rekor Ini di Polri

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 04 Oktober 2021 | 19:06
Dokter Sumy Hastry Purwanti ahli forensik yang pegang kunci terungkapnya pelaku pembunuhan di Subang.
Instagram

Dokter Sumy Hastry Purwanti ahli forensik yang pegang kunci terungkapnya pelaku pembunuhan di Subang.

Fotokita.net - Ini foto Sumy Hastry Purwanti, ahli forensik yang memegang kunci terungkapnya pelaku pembunuhan di Subang, Jawa Barat. Ternyata Sumy Hastry pemengang rekor ini di Polri.

Makam korban pembunuhan di Subang Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu kembali dibongkar pada Sabtu (2/10/2021) siang pukul 14.00 WIB. Polisi telah meminta izin kepada Yosef Hidayah, suami Tuti Suhartini untuk melakukan pembongkaran makam korban.

Polisi menjelaskan tujuan pembongkaran makam Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu itu. Menurut pihak polisi, ada temuan baru yang menyebabkan penyidik harus melakukan autopsi ulang terhadap korban.

Seorang poenggali kubur, Waryana, diminta polisi untuk membongkar makam Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu. "Autopsinya pertama gali jam 2, selesai kira-kira setengah tiga, yang ibunya terus anaknya," ucap Waryana.

Waryana mengatakan, jasad Tuti terlebih dahulu dilakukan autopsi oleh pihak kepolisian. Kemudian dilanjut dengan jasad Amalia. "Bu Tuti yang pertama, yang kedua anaknya, satu-satu, sudah selesai ibunya langsung dikubur lagi, lalu menggali makam anaknya langsung," ujarnya.

Baca Juga: Makin Sering Pamer Foto Wawancara Televisi, Pengacara Yosef Ungkap Alasan Suami Korban Pembunuhan di Subang Izinkan Polisi Bongkar Makam Tuti dan Amalia

Setelah itu, tim forensik dari Polres Subang dibantu Polda Jabar dan Mabes Polri melakukan autopsi ulang selama 3 jam. Proses autopsi pun baru selesai menjelang Magrib atau pukul 17.00 WIB.

Autopsi ulang yang dilakukan oleh pihak kepolisian ini, digelar secara tertutup, tak boleh ada satu warga atau keluarga korban yang hadir.

Pihak Mabes Polri mengerahkan belasan anggota tim forensik terhebat untuk autopsi ulang jasad korban pembunuhan ibu dan anak di Subang.

"Berapa orang yang melakukan autopsi? Ada 10?" tanya wartawan kepada penggali kubur. "Ada banyak, lebih (dari 10 orang)," ujar Waryana.

Salah satu ahli forensik yang turun tangan dalam autopsi ulang korban pembunuhan di Subang adalah Komisaris Besar Polisi Dr. dr Sumy Hasry Purwati. Dokter Hastry, begitu polwan ramah ini akrab disapa, meyakini kasus pembunuhan Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu terungkap. Sebab, ahli forensik ini sudah memegang kunci terungkapnya pelaku pembunuhan di Subang.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest