Follow Us

Jawaban Apa Dampak Penggunaan Narkoba Bagi Masyarakat di Lingkungan Penggunaan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 24 September 2021 | 23:16
Pemusnahan bukti narkoba.
Bangkapos.com/ Anthoni Ramli

Pemusnahan bukti narkoba.

Fotokita.net - Berikut jawaban apa dampak penggunaan narkoba bagi masyarakat di lingkungan pengguna yang menjadi salah satu soal dalam buku tematik kelas 6 SD tema 4.

Pertanyaan itu adalah soal Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018, Kelas 6 SD Tema 4 halaman 84 sampai 85,

Sementara itu, Halaman 84 - 85 tersebut merupakan materi Pembelajaran 5, Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya, Tema 4 Globalisasi.

Masyarakat ASEAN Bebas Narkoba

Era globalisasi memberi kemudahan masyarakat dalam hal komunikasi dan transportasi. Seakan menjadikan dunia tanpa batas. Hal ini juga meningkatkan peredaran dan perdagangan narkoba di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Meningkatkannya kejahahatan narkoba akan mengancam keselamatan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN menyusun langkah-langkah dalam mencapai “ASEAN Drug Free 2015”. Semua negara saling menukar informasi dalam hal rehabilitasi, pencegahan, dan penegakan hukum tentang masalah narkoba.

Baca Juga: Jawaban Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menghadapi Era Globalisasi

Diskusikan pertanyaan berikut.

1. Apa itu narkoba?Jawaban: Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

2. Mengapa peredaran narkoba semakin meluas?Jawaban: Perdaran narkoba meluas karena adanya kemudahan komunikasi dan transportasi akibat globalisasi.

3. Apa dampak penggunaan narkoba bagi pengguna?Jawaban: Beberapa dampak bagi pengguna antara lain mengalami gangguan fisik seperti kerusakan syaraf, gangguan pernapasan, kemampuan berpikir terganggu, dan menurunkan kekebalan tubuh. Serta mengganggu psikis seperti halusinasi, berkurangnya kepercayaan diri, sering gelisah, dan anti sosial.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular