Follow Us

Hingga Bulan Agustus Sudah Jutaan Karyawan Terima BLT, Ternyata Ini Penyebab Subsidi Gaji Rp 1 Juta Sampai Hari Ini Belum Cair

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 25 Agustus 2021 | 09:07
Ilustrasi BLT Subsidi Gaji Rp 1 juta. Ini penyebab subsidi gaji Rp 1 juta sampai hari belum cair.
Tribunnews.com

Ilustrasi BLT Subsidi Gaji Rp 1 juta. Ini penyebab subsidi gaji Rp 1 juta sampai hari belum cair.

Fotokita.net - Pemerintah menyebutkan bahwa hingga bulan Agustus 2021 sudah jutaan karyawan yang menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp 1 juta. Ternyata ini penyebab BLT subsidi gaji Rp 1 juta sampai hari ini belum cair.

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencairkan BLT subsidi gaji Rp 1 juta kepada 2,1 juta karyawan dari target 8,7 juta pekerja.

Hal itu diungkap Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam sebuah kesempatan melalui Antara.

Dalam menyampaikan kabar baik ini, Ida Fauziyah menekankan perihal pencairan BLT subsidi gaji Rp 1 juta yang ditujukan bagi karyawan yang terdampak kebijakan PPKM.

"Khusus bagi para pekerja yang terdampak kebijakan PPKM, per hari ini kami telah menyalurkan bantuan subsidi upah bagi kurang lebih 2,1 juta pekerja dari target 8,7 juta pekerja yang diproyeksi menjadi penerima BSU," kata Ida, Selasa (24/8/2021).

Penerima BSU atau BLT subsidi gaji Rp 1 juta itu telah sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian BSU bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Baca Juga: BLT Rp 1 Juta Cair, Ternyata Karyawan Resign dan Korban PHK Tetap Dapat Bantuan Subsidi Gaji, Ini Syaratnya

Ida mengatakan, "Tiap pekerja penerima BSU ini akan menerima Rp 1 juta dari pemerintah melalui transfer langsung dari bank Himbara ke rekening pekerja."

Dalam kesempatan yang sama, Ida melanjutkan, "Mungkin ini tidak banyak dan tidak terlalu berarti bagi pengusaha, tapi bagi para banyak pekerja jumlah ini sangat banyak membantu meringankan beban mereka."

Nah, hingga bulan Agustus sudah jutaan karyawan terima BLT, lalu apa penyebab subsidi gaji Rp 1 juta sampai hari ini belum cair ke rekening pekerja?

Untuk mengetahui jawaban kenapa BLT subsidi gaji Rp 1 juta sampai hari ini belum cair ke rekening karyawan, kita bisa simak penjelasan dari BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest