Follow Us

Buruan Cek Rekening, Subsidi Gaji Tahap 2 Cair, Karyawan yang ATMnya BCA Tidak Dapat BLT Rp 1 Juta Karena Alasan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:41
Ilustrasi subsidi gaji Rp 1 juta. Karyawan yang ATMnya BCA tidak mendapat BLT subsidi gaji Rp 1 juta karena alasan ini
Stock

Ilustrasi subsidi gaji Rp 1 juta. Karyawan yang ATMnya BCA tidak mendapat BLT subsidi gaji Rp 1 juta karena alasan ini

Fotokita.net - Bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahap 2 sudah cair dan ditransfer ke rekening karyawan. Namun, karyawan yang ATMnya BCA tidak dapat BLT Rp 1 juta karena alasan ini.

Pemerintah telah mencairkan BLT subsidi gaji tahap 2 kepada 1,25 juta karyawan mulai hari ini, Kamis (19/8/2021). Menurut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), pencairan BLT subsidi gaji Rp 1 juta berdasarkan data yang disinkronkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Data BLT subsidi gaji tahap 2 itu telah diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan ke Kemenaker pada Senin (16/8/2021).

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo mengatakan, penyerahan data BSU dilakukan secara bertahap.

Hal ini untuk memastikan agar penyaluran bantuan tepat sasaran, serta meminimalisir terjadinya kesalahan distribusi BSU.

Tidak semua karyawan bisa menerima BSU 2021, kriteria atau ketentuan penerima BSU tahun ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021.

Baca Juga: Subsidi Gaji Rp 1 Juta Tahap 2 Siap Cair, Ini Alasan Karyawan dengan Rekening BCA Tidak Dapat BLT

Setelah penyerahan data itu, pihak Kemenaker mulai melakukan pemadanan data yang membutuhkan waktu 1-2 hari agar para calon penerima tersebut dipastikan bukan merupakan penerima bantuan sosial pemerintah lainnya, seperti program Kartu Prakerja, Bansos PKH, dan BLT UMKM.

"Untuk saat ini, tahap dua sebanyak 1,25 juta sebenarnya data yang telah kami terima dari BPJS Ketenagakerjaan dan saat ini sudah selesai proses skrining. Insya Allah, hari ini akan kami proses penyalurannya kepada penerima yang memenuhi syarat," ungkap Sekretaris Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemenaker Surya Lukita Warman dalam webinar virtual TNP2K, Kamis.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa untuk penyaluran BSU tahap I, sebanyak 947.000 pekerja telah menerima bantuan sebesar Rp 1 juta ini.

"Sebagai informasi, tahap satu kita sudah salurkan dari data yang masuk dari BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.000.200 orang tepatnya, itu yang berhasil kita salurkan sebanyak 947.000 yang sudah menerima bantuan BSU," kata dia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest