Follow Us

BLT Rp 1 Juta Cair Hari Ini, Karyawan Baru Masuk Kerja Bulan Juli Apakah Bisa Dapat Bantuan Subsidi Gaji?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:17
ilustrasi bantuan subsidi gaji. Bagaimana dengan karyawan yang baru masuk kerja bulan Juli apakah bisa dapat bantuan subsidi gaji?
Istimewa

ilustrasi bantuan subsidi gaji. Bagaimana dengan karyawan yang baru masuk kerja bulan Juli apakah bisa dapat bantuan subsidi gaji?

Fotokita.net - Bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji Rp 1 juta dikabarkan sudah cair hari ini, Kamis (12/8/2021). Lalu, bagaimana dengan karyawan yang baru masuk kerja bulan Juli apakah bisa dapat bantuan subsidi gaji?

Untuk membantu para karyawan atau pekerja yang dinilai rentan terimbas oleh PPKM Level 3 dan 4, pemerintah telah menyiapkan program bantuan subsidi upah.

Namun dalam pelaksanaannya, Kementerian Ketenagakerjaan belum memastikan tanggal pencairan subsidi senilai Rp 1 juta untuk karyawan dengan gaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan itu karena peraturan teknisnya masih dipersiapkan.

Namun, kini Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi telah menyebutkan BLT subsidi gaji Rp 1 juta cair hari ini, Kamis (12/8/2021).

"Uang kemudian ditransfer ke bank-bank Himbara. Mudah-mudahan Kamis sudah di rekening penerima," kata Anwar.

Lalu, bagaimana dengan karyawan yang baru masuk kerja bulan Juli apakah bisa dapat bantuan subsidi gaji?

Baca Juga: Cara Mendapatkan BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta Bagi Pekerja yang Tidak Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

Seperti kita ketahui, program BLT subsidi gaji Rp 1 juta hanya memiliki plafon anggaran Rp 8,8 triliun untuk 8,8 juta pekerja saja.

Jumlah itu lebih rendah dari program bantuan subsidi upah (BSU) 2020 yang saat itu bisa cair untuk 12,4 juta pekerja. Tapi saat itu, gaji maksimal penerima adalah Rp 5 juta.

BLT subsidi gaji Rp 1 juta akan disalurkan langsung ke rekening bank penerima. Para penerima BSU yang memiliki mobile banking langsung dapat mengecek di gawainya atau bisa langsung cek ke ATM dan ke kantor cabang bank penyalur.

Adapun bank penyalur BSU adalah bank milik negara yang terhimpun dalam HIMBARA, yaitu Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest