Follow Us

Unggah Foto Tes PCR Warga yang Positif Covid-19, Ini Alasan Anies Baswedan Enggan Paksa Sang Pasien Pasien Corona Isolasi di Wisma Atlet

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 01 Agustus 2021 | 11:34
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk 2 warga Jakarta yang terpapar virus Corona. Anies enggan memaksa sang pasien menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran.
Instagram

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk 2 warga Jakarta yang terpapar virus Corona. Anies enggan memaksa sang pasien menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran.

Fotokita.net - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto hasil tes PCR warga yang dinyatakan positif Covid-19. Meskipun demikian, Anies enggan memaksa sang pasien menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran. Ini alasannya.

Data terkini kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota sudah membuat gembira Anies. Maklum, jumlah kasus aktif itu sudah di bawah puncak gelombang pertama dengan kisaran 19.000 pasien. Pemakaman dengan protokol Covid-19 kini di kisaran 100 kasus per hari dan kematian pasien Covid-19 di luar fasilitas kesehatan sekitar tiga korban per harinya.

Seperti kita ketahui, Jakarta sempat mengalami situasi wabah paling buruk pada awal dan pertengahan Juli 2021, ketika jumlah kasus aktif Covid-19 pernah mencapai 113.000 orang sehari.

Ketika itu, hampir 500 orang dimakamkan dengan protokol Covid-19 per harinya, sekitar 75 di antaranya meninggal di luar fasilitas kesehatan, baik saat menjalani isolasi mandiri atau dalam upaya mencari pertolongan medis.

Kini Gelombang kedua pandemi Covid-19 di DKI Jakarta mulai menampakkan indikasi mereda. Dari segi kasus aktif/jumlah pasien, tingkat kematian, hingga positivity rate, seluruhnya menunjukkan tren penurunan.

Baca Juga: Dikira Mencak-mencak Foto Dirinya Makan di Warteg Jadi Meme, Respons Anies Baswedan Bikin Imun Netizen Naik

Meskipun demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa semua ini belum selesai. Lonjakan berpotensi kembali terjadi jika pengurangan mobilitas dan penerapan protokol kesehatan kendor.

"Saya ingatkan juga, hati-hati. Ini belum selesai. Kita belum menang!" tegas Anies dalam keterangan video yang disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

"Kasus aktif walaupun sudah jauh lebih rendah daripada awal, ini masih tetap tinggi. Masih ada sekitar 3.000 kasus baru setiap hari, walaupun yang sembuh sudah jauh lebih banyak," jelasnya.

Di sela kabar gembira itu, Anies mengabarkan kabar sedih. Pada Minggu (1/8/2021) Anies mengatakan ada 2 warga Jakarta yang dinyatakan positif Covid-19. Sebagai buktinya, Anies mengunggah hasil tes PCR kedua warga Jakarta yang bernama Tino dan Hari itu.

Walaupun terbukti terpapar virus Corona, sikap Anies berbeda dari biasanya terhadap 2 warga Jakarta itu. Anies enggan memaksa kedua pasien Covid-19 ini menjalani isolasi di Wisma Atlet Kemayoran. Anies pun membeberkan alasannya.

Baca Juga: Foto Meme Kocak Makan di Warteg 20 Menit Viral, Komentar Chef Arnold Bikin Netizen Lupakan PPKM

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest