Follow Us

7 Foto Pilu Urip Arpan, Aktor Betawi yang Tutup Usia dalam Sunyi, Hidup Tiap Bulan Bergantung Sumbangan Deddy Mizwar

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 30 Juli 2021 | 06:35
Aktor senior Urip Arphan yang disebut kembaran Benyamin Sueb meninggal dunia pada Kamis (29/7/2021) di kamar kontrakannya.
Instagram

Aktor senior Urip Arphan yang disebut kembaran Benyamin Sueb meninggal dunia pada Kamis (29/7/2021) di kamar kontrakannya.

Fotokita.net - Aktor yang sekaligus seniman Betawi Urip Arpan meninggal dunia pada Kamis (29/7/2021). Kehidupan Urip Arpan begitu tragis. Ia tak lagi memiliki harta benda, setiap bulan hanya bergantung sumbangan dari Deddy Mizwar.

Urip Arpan sempat dijuluki kembaran Benyamin Sueb, aktor kondang asal Betawi yang sudah lama meninggal dunia. Urip Arpan sendiri pernah menjadi idola penggemar film Tanah Air.

Maklum, aktor yang juga anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) itu sempat malang melintang di dunia hiburan Tanah Air.

Memulai karier pada tahun 1970-an, film pertama yang dibintanginya berjudul Laila Majenun.

Urip Arpan diketahui sudah membintangi sedikitnya 51 judul film. Selain Laila Majenun, film lainnya yang membuat nama Urip Arpan bersinar antara lain Si Doel Anak Modern (1976), Bodoh-bodoh Mujur (1981), Mat Pelor (1990), dan Emak Ijah Pengen ke Mekah (2013).

Baca Juga: Innalillahi, Aktor Kembaran Benyamin Sueb Meninggal Dunia di Kamar Kontrakan, Foto Terakhirnya Mengenaskan

Kartu anggota PARFI milik Urip Arphan.  Aktor senior yang disebut kembaran Benyamin Sueb ini meninggal dunia pada Kamis (29/7/2021).
Instagram

Kartu anggota PARFI milik Urip Arphan. Aktor senior yang disebut kembaran Benyamin Sueb ini meninggal dunia pada Kamis (29/7/2021).

Urip Arpan biasa disapa Babe Urip. Dia juga membintangi sejumlah sinetron dan FTV yang disiarkan beragam stasiun televisi nasional. Bersama David Chalik dan Jihan Fahira, dia pernah membintangi sinetron Juki.

Di luar kegiatan sebagai seniman, Urip Arpan juga aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pasta hingga Penasehat DPC Forkabi Kemayoran.

Saat namanya sedang melambung, Urip Arpan sempat tersandung kasus yang membuat namanya tercemar. Pada tahun 2009, Urip Arpan dituduh telah melakukan pelecehan seksual oleh tiga pemuda, yakni Najib Raizhy, Revan, dan Fiki Kurniawan.

Ketiga pemuda yang membuat laporan itu adalah murid di sanggar milik Urip Arpan. Kata mereka, Urip Arpan pernah berjanji untuk mengorbitkan sebagai artis.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest