Follow Us

Makan Korban Jabatan Danlanud Merauke, Foto Kondisi Terkini 2 Anggota TNI AU Usai Injak Kepala Warga Papua Bikin Syok

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 29 Juli 2021 | 11:46
Komandan Lanud (Danlanud) Johannes Abraham Dimara Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto meminta maaf kepada warga Papua yang diinjak kepalanya oleh 2 anggota TNI AU.
Dok. TNI AU

Komandan Lanud (Danlanud) Johannes Abraham Dimara Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto meminta maaf kepada warga Papua yang diinjak kepalanya oleh 2 anggota TNI AU.

Fotokita.net - Foto kondisi terkini 2 anggota TNI AU usai menginjak warga Papua di Merauke bikin syok. Aksi keduanya yang direkam dalam kamera HP itu telah membuat murka Panglima TNI hingga makan korban jabatan Danlanud Merauke.

Video 2 anggota TNI AU yang mencoba mengatasi cekcok antara warga Papua dengan pemilik warung viral di media sosial.

Bukan tanpa sebab, video berdurasi 1 menit 20 detik tersebut memperlihatkan tindakan tidak pantas yang dilakukan 2 anggota TNI AU saat melakukan pengamanan terhadap seorang warga Papua.

Di depan kamera yang merekam, seorang anggota TNI AU memiting badan warga Papua di trotoar, sementara rekannya tampak sengaja menginjak kepala korban dengan sepatu lars militer.

Saat menerima perlakuan 2 anggota TNI AU, warga Papua itu hanya bisa mengerang kesakitan. Belakangan warga Papua yang bernama Steven itu diketahui penyandang disabilitas, yaitu tuna wicara.

Begitu diunggah di media sosial, video rekaman kamera HP itu langsung viral pada Senin (26/7/2021). Akibatnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto murka. Danlanud Merauke Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto dicopot dari jabatannya.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Foto Pemberian Babi Sebagai Tanda Maaf Beredar, Danlanud Merauke Pasrah Dicopot Panglima TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang geram atas tindakan itu dengan tegas meminta Komandan Lanud (Danlanud) Johannes Abraham Dimara Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto dicopot pada Rabu (28/7/2021) malam.

Kegeraman Hadi terus berlanjut. Ia juga membuat perintah kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo untuk mencopot Komandan Satuan Polisi Militer (Dansatpom) Lanud Merauke.

Dalam keterangan resminya, Hadi pun bicara tegas. "Saya sudah memerintahkan KSAU untuk mencopot Komandan Lanud dan Komandan Satuan Polisi Militernya-nya."

"Jadi saya minta malam ini langsung serah-terimakan (jabatan). Saya minta malam ini sudah ada keputusan itu," kata Hadi ketika dikonfirmasi sejumlah awak media, Rabu (28/7/2021).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest