Follow Us

Pedagang Ramai-ramai Kibarkan Bendera Putih Tanda Menyerah Saat PPKM Level 4, Ternyata Sejarahnya Bermula dari Sini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 25 Juli 2021 | 14:50
Suasana pasar Tanah Abang, Jakarta tampak sepi di tengah penyebaran Covid-19. Pedagang menolak PPKM Darurat diperpanjang.
ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO via BBC Indonesia

Suasana pasar Tanah Abang, Jakarta tampak sepi di tengah penyebaran Covid-19. Pedagang menolak PPKM Darurat diperpanjang.

Fotokita.net - PPKM Level 4 wilayah Jawa-Bali berakhir pada Minggu (25/7/2021). Namun, selama pelaksanaannya pedagang ramai-ramai mengibarkan bendera putih tanda menyerah. Ternyata sejarah bendera putih bermula dari sini.

Sebuah video memperlihatkan bendera putih berkibar di salah satu sudut pinggir jalan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Video ini diunggah di media sosial hingga ramai diperbincangkan.

Pria yang merekam video tersebut memperlihatkan bendara dipasang oleh sejumlah pedagang sebagai tanda menyerah dengan situasi yang sulit selama pandemi Covid-19.

"Itulah keadaan di Tanah Abang kini. Bahwasannya dikibarkan bendera putih, melambangkan seluruh pedagang menyerah," ujar warga yang merekam video.

Selama penerapan PPKM darurat, Pasar Tanah Abang berhenti beroperasi. Sebagian pedagang diantaranya penjual bahan pangan yang diperbolehkan untuk tetap buka.

"Dulu dikenal pusat pasar mancanegara, kini enggak boleh beraktivitas. Seluruhnya ditutup. Jadi Itulah bendera putih dikibarkan ada penyerahan diri. Kalau di (pertandingan) tinju, orang melemparkan handuk putih ke ring bahwasannya telah menyerah," sambung perekam video.

Baca Juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 8 Agustus, Jubir Luhut Buka Suara

Di lain tempat, Kepala Satpol PP Tanah Abang Budi Salamin mengatakan langsung mengecek lokasi untuk melihat kebenaran rekaman video tersebut, Jumat (23/7/2021).

Namun setelah petugas menyisir lokasi, bendera putih itu tidak terpasang lagi. "Kita penyisiran udah kosong," kata Budi kepada Kompas.com, Sabtu.

Budi turut membagikan foto yang menunjukkan tak ada lagi bendera putih yang terpasang di Pasar Tanah Abang.

Foto itu diambil pada Jumat kemarin pukul 13.11 WIB. Budi memastikan bukan Satpol PP yang mencopot bendera putih itu.

Beberapa waktu lalu sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Rangkasbitung, Lebak, Banten memasang bendera putih di lokasi dagangan mereka. Bendera putih tersebut dipasang sebgai bentuk protes karena perpanjangan PPKM.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest