Follow Us

Kronologi Penangkapan Osimin Wenda, Anggota KKB Papua yang Menyerang Tito Karnavian Hingga Kabur dari Bui

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 23 Juli 2021 | 16:16
TPNPB OPM (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka) atau KKB Papua
dok.

TPNPB OPM (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka) atau KKB Papua

Fotokita.net - Berikut kronologi penangkapan Osimin Wenda, anggota KKB Papua yang pernah menyerang Jenderal Tito Karnavian hingga kabur dari bui Lapas Abepura, Jayapura.

Osimin Wenda sempat ditangkap Timsus Polda Papua pada 15 juli 2013 dan dijatuhi hukuman seumur hidup pada 2014, namun pada 18 Januari 2018 dia kabur dari LP Abepura, terlibat dalam penembakan tukang ojek atas nama Yanmar di Kampung Popome, Kabupaten Lanny Jaya, dan terlibat kontak tembak dengan personel Nemangkawi di Kampung Popome pada 2018.

Osimin Wenda aktif terlibat dalam sejumlah aksi penembakan yang dilakukan KKB Papua dan senantiasa berpindah kelompok karena sebelumnya selain bergabung dengan Puron Wenda juga dengan Lekagak Telenggen.

Direktur Kriminal Khusus Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Faisal Ramadani menyebut jika Anggota kelompok bersenjata Osimin Wenda yang baru ini ditangkap tidak ada hubungan darah atau keluarga dengan Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda.

"Enggak cuman marga aja, dia kan memang ada aliasnya. Jadi itu marga saja bukan keluarga kandung (antara Osimin Wenda dengan Benny Wenda)," ujarnya dilansir Merdeka, Kamis (23/7/2021).

Baca Juga: Foto Tampang Osimin Wenda, Anggota KKB Papua yang Buron 5 Tahun Ditangkap, Begini Hubungannya dengan Benny Wenda

Osimin Wenda ditangkap tim gabungan TNI-Polri di Kp Wandigobak, Mulia, Kabupaten Puncak Jaya , Papua, Kamis (22/7/2021). Osimin Wenda sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polda Papua yang dikeluarkan sejak 2018.

Penangkapan tersebut sekitar pukul 11.25 waktu setempat dan dibenarkan oleh Direskrimum Polda Papua, Kombes Faisal Ramadhani.

Sebelumnya pria dengan nama lain Usimin Telenggen, alias Ustel Bin Laden, alias Kilongginik ini sudah diobservasi oleh Satgas Nemangkawi selama dua minggu terakhir.

Aparat gabungan telah mengendus keberadaan Osimin Wenda saat anggota KKB Papua itu berada di Kota Mulia, Puncak Jaya.

"Kamis (22/7/2021) pukul 11.25 personel Satgas Nemangkawi menangkap Osimin Wenda ketika yang bersangkutan masuk ke Kota Mulia, Puncak Jaya," ujar Kombes Faisal Ramadhani.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest