Follow Us

Dipuji Lebih Santun dari Najwa Shihab, Ini Sosok Wimar Witoelar yang Acara Talkshownya Dibungkus Soeharto

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 20 Mei 2021 | 09:08
Wimar Witoelar (kanan) presenter acara talkshow tahun 90-an yang dipuji lebih sopan dari Najwa Shihab. Wimar meninggal dunia pada Rabu (19/5/2021).
Kolase IG / Kompascom

Wimar Witoelar (kanan) presenter acara talkshow tahun 90-an yang dipuji lebih sopan dari Najwa Shihab. Wimar meninggal dunia pada Rabu (19/5/2021).

Fotokita.net - Wimar Witoelar, presenter acara talkshow pada tahun 90-an, menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (19/5/2021). Kepergian Wimar Witoelar meninggalkan sejumlah kenangan, termasuk saat dia memandu acara talkshownya yang dipuji lebih santun dari Najwa Shihab.

Wimar Witoelar yang meninggal di usia 75 tahun akibat sepsis ini memiliki acara program televisi yang dipandunya seperti Perspektif (1994) di SCTV.

Melalui acara ini, Wimar Witoelar melontarkan sejumlah kritik kepada penguasa Orde Baru dan pemerintahan Presiden Soeharto.

Baca Juga: Foto Wimar Witoelar Muda Bikin Pangling, Presenter Talkshow yang Tampil Lebih Santun Ketimbang Najwa Shihab

Sosok Wimar Witoelar makin dikenal secara luas setelah mendapat kepercayaan dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Wimar Witoelar dikenal sebagai seorang reformis dan jurnalis yang berani memberikan kritik keras, namun secara jenaka dan ringan.

Pada 1974, Wimar Witoelar juga pernah dipenjara karena melawan Orba.

Wimar Witoelar sempat menempuh pendidikan di Institut Teknologi Bandung kemudian pindah ke George Washington University, Washington Amerika Serikat.

Baca Juga: Foto Tampan Putra Najwa Shihab Viral, Netizen: Bismillah Dapat Anaknya

Wimar Witoelar lulus pada 1975 dengan gelar MBA di bidang Keuangan dan Investasi. Wimar Witoelar juga mendapatkan gelar master dalam Analisis Sistem dan gelar di bidang Teknik Elektro.

Istrinya, ahli saraf Suvatchara Witoelar, meninggal dunia pada 2003. Bersama Suvatchara, Wimar Witoelar memiliki dua putra Satya Tulaka (1975) adalah seorang arsitek dan pengembang web yang pernah bekerja di Yahoo dan Aree Widya (1978), PhD di bidang matematika dan ilmu komputer.

Wimar Witoelar, kepala juru bicara demokrasi segala zaman, semenjak kanak-kanak hingga tua dan dalam rezim berbeda.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular