Follow Us

Foto Serangan Israel di Al-Aqsa Dikutuk, Begini Cara Soeharto Akali Pembelian Jet Tempur Skyhawk dari Negeri Yahudi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 12 Mei 2021 | 17:41
Bentrokan Palestina-Israel kembali terjadi di sekitar Masjid Al-Aqsa.
AP/Mahmoud Illean via CNN Indonesia

Bentrokan Palestina-Israel kembali terjadi di sekitar Masjid Al-Aqsa.

Fotokita.net - Serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa dikutuk umat Muslim sedunia. Tapi, siapa sangka Presiden ke-2 Indonesia Soeharto pernah mengakali pembelian jet tempur dari negeri Yahudi itu.

Serangan Israel terhadap warga muslim Palestina di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem kembali pecah.

Pada pekan ini, bentrokan kembali terjadi di dekat Masjid Al-Aqsa antara warga Palestina dan pasukan keamanan Israel. Setidaknya 300 orang terluka dalam bentrokan itu.

Bentrokan Israel dan Palestina ini bukan kali pertama terjadi di tempat suci umat Islam itu yang bersebelahan dengan tempat suci umat Yahudi, Temple Mount.

Baca Juga: Jadi Bangunan Heritage, Inilah Fakta Gedung Utama Kejaksaan Agung yang Terbakar, Dibangun Era Soekarno Dinikmati Saat Soeharto Berkuasa

Pertama kali dibangun pada tahun 705 M, masjid Al-Aqsa telah sering menjadi titik bentrok antara orang Palestina dan Yahudi.

Sejak 12 April, berdasarkan laporan harian Israel Haaretz, ketegangan antara polisi Israel dan warga Palestina sudah dimulai.

Ketika itu polisi Israel memasang blokade untuk mencegah orang duduk di alun-alun gerbang Damaskus, yang merupakan area populer selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Naskah Ditulis Soekarno, Tapi Tan Malaka Menolak Bacakan Teks Proklamasi Gegara Alasan Kontroversial Ini

Lalu pada 16 April, polisi membatasi hanya 10 ribu orang yang boleh berkumpul di Al-Aqsa. Puluhan ribu warga Palestina yang hendak beribadah diminta kembali.

Rupanya tak hanya dipicu oleh hal itu, namun Israel kerap mencoba mengusir warga Palestina dari rumahnya, dimulai pada tahun 1956 tidak lama setelah Israel memenangkan perang Arab-Israel pertama.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest