Follow Us

Geram Jenderal Kopassus Gugur Ditembak Lekagak Telenggen, TNI AD Terjunkan Pasukan Setan untuk Tumpas KKB Papua, Ini Kehebatannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 28 April 2021 | 14:06
(ilustrasi) Pasukan khusus TNI AD
Kolase Tribun Jambi dan Tribun Timur

(ilustrasi) Pasukan khusus TNI AD

Fotokita.net - KKB Papua kembali mengganas. Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Papua Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur usai dalam peristiwa penembakan pada Minggu (25/4/2021).

TNI menuding KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen sebagai dalang aksi penembakan Kepala Badan Intelijen (BIN) Daerah Papua Brigjen TNI Putu Dani di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono telah mengungkapkan hal itu secara langsung kepada pers.

"Dari laporan yang saya terima pelaku penembakan terhadap korban berasal dari kelompok Lekagak Telenggen," kata Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Yogo, dilansir dari Antara.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inailahi Rojiun, TNI AL Kehilangan 53 Prajurit Terbaik dalam Tugas, Kepala BIN Papua Gugur di Medan Laga Bumi Cendrawasih

Dari informasi sementara yang diperoleh, korban saat itu bersama tujuh anggota berkendara di Kampung Dambet, Distrik Beoga, sekitar pukul 09.20 WIT.

Lokasi tersebut sebelumnya sempat diserang KKB dengan membakar rumah warga serta fasilitas pendidikan termasuk perumahan guru, Sabtu (17/4/2021).

Salah satu rumah yang dibakar adalah milik Kepala Suku Eber Tinal. Lalu, sekitar pukul serangan KKB diduga terjadi pukul 15.50 WIT.

Baca Juga: Kepala BIN Papua Gugur Di Tangan Lekagak Telenggen, TNI Ungkap Penyebab KKB Papua Sulit Diberantas Meski Tak Punya Jalur Komando yang Rapi

Korban gugur dan jenazah baru dapat dievakuasi dan tiba di Beoga sekitar pukul 18.30 WIT. Rencananya, Senin (26/4) jenazah dijadwalkan dievakuasi ke Timika.

Atas gugurnya jenderal Kopassus itu telah menjadi perhatian serius bagi seluruh kekuatan TNI, khususnya mereka yang akan ditugaskan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) di Papua.

Salah satu pasukan tempur yang sudah dipersiapkan untuk diterjunkan ke Papua adalah Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest