Fotokita.net - Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut? Kunci jawaban soal buku tematik kelas 5 SD tema 9.
Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajaran 1 halaman 120, 121, 122, 123, 124, 125, 126, dan 127 yang dikutip dari Buku Guru dan Siswa serta beberapa sumber.
Pada buku tematik Tema 9 Kelas 5 SD terdapat 4 subtema diantaranya Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran, Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, dan Subtema 4: Kegiatan Berbasis Literasi.
Selengkapnya untuk soal yang dibahas adalah pada subtema 3 pembelajaran 1 dalam Tema 9 kelas 5 SD tentang Manusia dan Benda di Lingkungannya.
Pahami dan perhatikan dengan teliti artikel berikut yang berisi penjelasan kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD/MI subtema 3 pembelajaran 1 halaman 120 sampai 127 mengenai manusia dan lingkungan.
Yuk simak berikut ini pembahasan kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD berjudul Benda-benda di Sekitar Kita halaman 120, 121, 122, 123, 124, 125, 126, dan 127.
Materi soal yang dibahas dikutip dari Buku Tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018 seperti yang dikutip dari Tribun Pontianak.
Kunci jawaban Tema 9 kelas 5 SD dan MI ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman untuk mengoreksi hasil belajar anak.
Baca Juga: Inilah Contoh dan Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi, Yuk Kita Cari Tahu
>>> Halaman 120 (Subtema 3)
Saat jam istirahat, Edo dan Dayu membaca koran yang ditempel pada papan pajang sekolah. Papan pajang tersebut terbuat dari besi. Edo dan Dayu membaca koran. Setelah itu, mereka duduk di dekat papan pajang. Mereka meminum segelas es teh yang baru saja dibeli di kantin sekolah. Gelas es teh tersebut berbahan plastik.
>>> Halaman 121
Saat Edo dan Dayu melihat koran di papan pajang, Edo tertarik pada sebuah iklan. Apa isi iklan yang dilihat Edo?
Baca Juga: Apakah yang Dimaksud dengan Iklan Elektronik? Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 9
Amatilah iklan berikut!
Setelah mengamati iklan di atas, coba kamu kemukakan tentang:
- Produk apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut?
Produk yang ditawarkan berupa minuman dalam kemasan dengan merek Aquada.
- Apa saja yang terdapat dalam iklan tersebut?
Nama produk, gambar yang menarik, kalimat iklan.
- Bagaimana kesimpulanmu tentang isi teks paparan iklan tersebut?
Jawaban:
Tujuan iklan sudah tercapai, dan iklan tersebut sudah memiliki ciri-ciri iklan yang baik, yaitu :
- Informatif
- Komunikatif
- Bahasanya singkat dan padat
- Menarik
>>> Halaman 122 - 123
Ayo Membaca
Iklan adalah sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.

Ilustrasi melihat iklan di media cetak
Tujuan iklan
- Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
- Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
- Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
- Memberi informasi tentang produk jasa.
- Menarik khalayak ramai.
Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
- Informatif
- Komunikatif
- Bahasanya singkat dan padat
- Menarik
- Iklan Baris

Materi Kelas 5 Tema 9: Tujuan Iklan serta Ciri-Ciri Iklan Baris dan Iklan Kolom di Media Cetak
Ciri-ciri iklan baris yaitu:
- Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
- Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
- Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan singkatan untuk menghemat tempat.
- Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
- Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
- Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
- Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.
Berikut adalah contoh iklan baris pada koran.
- Iklan kolom
Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
- Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
- Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
- Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga yang berisi misalnya berita pernikahan, berita duka cita, atau ucapan terima kasih.
Berikut adalah contoh iklan kolom pada koran.
>>> Halaman 124
Ayo Berlatih
Bacalah sebuah iklan di media cetak berikut ini.
Baca Juga: Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Subtema 3 Halaman 145 147 149 150 151

Sebuah iklan di media cetak.
Setelah membaca dan mengamati iklan di atas, jawablah pertanyaan berikut.
- Apakah maksud dan tujuan iklan di atas?
Adapun maksud dan tujuan dari iklan tersebut adalah untuk mengajak/menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesegaran dari udara di tempat-tempat umum, di tempat kerja, di dalam rumah, dan di tempat ibadah. Dengan cara tidak merokok di tempat-tempat yang sudah disebutkan tersebut.
- Termasuk bentuk iklan apa jika iklan tersebut dimuat dalam surat kabar?
Iklan tersebut termasuk ke dalam bentuk iklan kolom.
- Jelaskan kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.
Jawaban:
Kesimpulannya adalah tentang himbauan/ajakan untuk dapat menciptakan udara yang segar di tempat-tempat umu, tempat-tempat kerja, di dalam rumah, dan di tempat ibadah dengan cara tidak merokok.
>>> Halaman 125
Edo merasa haus. Tidak lama kemudian Edo mengambil segelas air putih lalu meminumnya. Edo mencermati iklan yang ada pada soal latihan yang telah dikerjakannya. Ternyata, hari ini ia telah mempelajari iklan tentang air dan udara. Air dan udara merupakan benda-benda di lingkungan sekitar kita yang sangat dibutuhkan manusia.
Tahukah kamu? Udara merupakan benda yang tidak terlihat oleh mata, namun sangat dibutuhkan oleh manusia, bahkan hewan sekalipun. Udara yang bersih dan sehat adalah udara yang kaya akan oksigen. Sedangkan udara yang telah tercampur dengan asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap-asap buangan pabrik merupakan udara yang tidak bersih.
Baca Juga: Jawaban Soal Agama Islam Kelas 5 SD Arti Iman Menurut Istilah, Yuk Kita Cari Tahu
Kandungan dalam udara yang tercemar asap-asap tersebut, tidak lagi banyak mengandung oksigen. Kandungan udaranya sudah tercampur zat-zat lain yang sangat merugikan kesehatan.
Selain itu, benda lain yang tidak kalah penting bagi manusia adalah air. Air tidak hanya digunakan untuk minum. Air juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci alat-alat rumah tangga, dan mencuci baju. Air merupakan benda tunggal. Akan tetapi, sebenarnya air terbentuk atas hidrogen dan oksigen. Hidrogen dan oksigen dalam air tidak dapat dipisahkan, kecuali dengan reaksi kimia tertentu. Berbeda dengan tanah. Dalam tanah dapat kamu jumpai adanya kerikil, batu, dan pasir yang dapat kamu pisahkan dengan tangan.
Secara umum, benda-benda di lingkungan sekitar kita (materi) dapat dibedakan menjadi dua, yaitu zat tunggal dan campuran.
- Zat tunggal
- Unsur
- Senyawa
- Campuran
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39
>>> Halaman 126
Beberapa contoh campuran, antara lain: air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, larutan garam, larutan gula, sirop buah, baja, kuningan, udara, dan tanah.
Ayo Berlatih
Agar kamu lebih memahami tentang zat tunggal, lengkapilah tabel penggolongan unsur dan senyawa berikut.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

Tabel penggolongan unsur dan senyawa.
Jawaban:
Benda atau materi yang berada di lingkunganmu dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Benda atau materi ada yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa) maupun ke dalam campuran. Sebagai contoh, air adalah zat tunggal yang merupakan senyawa. Air sangat berguna bagi kehidupan manusia. Air berguna untuk minum, mandi, mencuci pakaian, dan lain-lain. Air juga bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan. Banyak benda atau materi di sekitarmu yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.
>>> Halaman 127
Coba renungkan tentang kegunaan benda-benda atau materi yang berada di sekitar kamu, baik itu materi yang termasuk zat tunggal (unsur dan senyawa), maupun materi yang tergolong campuran. Tulislah hasil renunganmu dalam buku tugas dan kumpulkan kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.
Hasil Renungan
Kerja Sama dengan Orang Tua
Ibumu pasti sering memasak untuk menyiapkan makanan bukan? Apakah kamu biasa untuk membantu Ibu menyiapkan makanan di rumah. Coba perhatikan saat Ibumu memasak. Jika ingin lebih jelas, kamu dapat bertanya bahan-bahan apa yang digunakan. Cermatilah! Bahan-bahan tersebut termasuk zat tunggal atau campuran. Bekerja samalah dengan Ibumu terkait fungsi bahan-bahan yang digunakan dalam masakan.
Tuliskan dalam kolom berikut.
Jawaban:

Kolom fungsi bahan-bahan yang digunakan dalam masakan.
*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
(Tribun Pontianak/Dhita Mutiasari)