Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Halaman 35-39

Rabu, 09 September 2020 | 05:45
freepik.com

Sakit perut bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem pencernaan

Fotokita.net - Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 1 pembelajaran halaman 35-39Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Artikel ini membahas sejumlahkuncijawabandari buku tematik SD padaTema 3Kelas5SD.

Dimanakuncijawabanini bisa digunakan siswa dalam mengerjakan soal sebagai pembanding jawaban dari jawaban sendiri.

Pada tema 3 ini memiliki judulMakanan Sehat, serta pada sub tema 1 memiliki judulBagaimanaTubuhMengolahMakanan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Subtema 2 Halaman 63-71 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernapasan

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 pembahasan fokus hanya pada tema 3 subtema 1 pembelajaran di halaman 35, 36, 37, 38, 39.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik kelas 5 SD Tema 3 Subtema 1 pembelajaran halaman 35-39 di bawah ini, dirangkum dari berbagai sumber.

Berikutkuncijawabantema 3 kelas 5 halaman 35, 36, 37, 38, 39:

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 57-62

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 35

Masih ingatkah kamu tentang pelajaran sistem pencernaan pada manusia? Sistem pencernaan kita terdiri atas berbagai organ yang membantu dalam pencernaan makanan dan asimilasi nutrisi. Jadi, apa itu pencernaan?

Jawaban: Pencernaan makanan adalah proses pemecahan makanan menjadi sari-sari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh dengan menggunakan enzim dan organ-organ pencernaan.

Untuk mengenal lebih baik lagi sistem pencernaan, coba kamu lengkapi diagram berikut ini.

Jawaban:

dok. Google

Diagram sistem pencernaan

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 36-37

Alat-alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Bersama dengan kelompokmu, lengkapilah informasi tentang organ-organ pencernaan di bawah ini!

Jawaban:

Fungsi Mulut:

Menghancurkan makanan sehingga ukurannya cukup lebih kecil untuk dapat ditelan ke dalam perut. Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke dalam mulut. Di dalam mulut terdapat alat-alat yang membantu dalam proses pencernaan.

Bagian alat-alat pencernaan dimulut adalah gigi, lidah, dan kelenjar ludah (air liur). Di dalam rongga mulut terjadi proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Halaman 2-11 Subtema 1 Pembelajaran 1, Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Fungsi Kerongkongan:

Kerongkongan adalah saluran yang menjadi penghubung antara rongga mulut dan lambung. Kerongkongan memiliki dua bagian, yakni bagian faring dan esophagus.

Kerongkongan memindahkan makanan dari mulut ke lambung. Kerongkongan dapat melakukan peristaltik, yaitu gerakan meremas-meremas untuk mendorong makanan sedikit demi sedikit ke dalam lambung.

Asiancancer.org
Asiancancer.org

Kanker Kerongkongan

Fungsi Lambung

Fungsi lambung adalah sebagai berikut. Sebagai penghasil pepsinogen. Pepsinogen adalah bentuk yang belum aktif dari pepsin. Enzim pepsin ini berfungsi dalam mengubah molekul protein menjadi potongan-potongan protein (pepton).

Dinding pada lambung menghasilkan asam klorida (HCl) yang berfungsi untuk membunuh mikroorganisme. Permukaan pada lambung mengeluarkan lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi dinding lambung dari pepsin.

Pada bayi, lambungnya menghasilkan dua enzim, yaitu renin, yang memiliki fungsi untuk menggumpalkan protein susu dan kasein atas bantuan kalsium dan lipase guna dalam memecah lemak dalam susu.

Fungsi Usus Halus

Usus halus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar, proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus.

Pencernaan makanan terjadi duodenum dan jejunum, sedangkan ileum menjadi tempat penyerapan nutrisi makanan. Namun pada usus halus hanya terjadi pencernaan kimiawi saja

Freepik

Makanan penyebab asam lambung meningkat

Fungsi Usus Besar

Organ usus besar berfungsi untuk proses pembusukan sisa dari makanan yang tidak dapat untuk dicerna oleh lambung. Proses pembusukan di dalam usus besar dibantu oleh bakteri yang bernama Escheichia coli.

Sisa makanan tersebut yang berupa air dan garam mineral akan diserap kembali oleh usus. Setelah itu, sisa makanan yang tidak bisa diserap lagi atau sudah habis nutrisinya akan dikeluarkan dalam bentuk feses atau tinja

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 38

Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan: • kata kunci • gambar iklan • target iklan (iklan ditujukan untuk siapa)

Jawaban:

Menurutku, iklan tersebut di atas adalah iklan perilaku hidup bersih dan sehat.

Gambar pada iklan tersebut sesuai dengan pesan yang disampaikan, cukup menarik, dan cukup jelas.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Target iklan tersebut adalah untuk seluruh masyarakat.

Iklan ini menurutku efektif karena menampilkan gambar yang menarik dan kata-kata yang mudah dipahami.

Penjelasan:

Kata kunci dalam iklan tersebut adalah perilaku hidup bersih dan sehat.

Kata kunci diperoleh dari pengulangan kata yang muncul pada iklan tersebut.

Gambar iklan yaitu gambar sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh iklan, cukup menarik, dan cukup jelas.

Target iklan adalah masyarakat umum.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

Kunci jawaban tema 3 kelas 5 halaman 39

Menurutmu apakah organ-organ pencernaan manusia bisa bekerja sendiri? Apakah organ yang satu membutuhkan organ yang lainnya? Apa hubungan organ pencernaan dengan sistem pencernaan?

Jawaban:

Organ manusia tidak bisa bekerja sendiri, sangat membutuhkan. Jika tidak ada organ pencernaan maka tidak akan terjadi sistem penernaan karena sistem pencernaan membutuhkan proses yang dilakukan oleh organ pencernaan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 4 Halaman 123-129

Disclaimer: - Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. - Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Artikel ini telah tayang ditribunpontianak.co.iddengan judul Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 35 36 37 38 39 Subtema 1: Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan,

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma