Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 74 75 76

Kamis, 17 September 2020 | 22:31
Freepik

Inilah berbagai makanan sehat

Fotokita.net -Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 5 halaman 74 75 76.

Buku Tematik Tema 3 untuk SD Kelas 5 edisi revisi 2017 ini berjudul Makanan Sehat.

Sementara itu,Subtema 2 dalam Buku Tematik ini berjudul Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemu dan Manfaatnya Halaman 80-89

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 5 di halaman 73-78.

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 5 SD/MI, ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Berikut kunci jawaban Tema 3 Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 5 halaman 74 75 76.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62-69

Kunci Jawaban Halaman 74

Iklan Elektronik Demam Berdarah

Pak RT: “Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melakukan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”

Ibu : “Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?” (Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)

Pak RT: “Akhir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya adalah nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh karenanya diperlukan langkah 3M Plus untuk mengatasinya. Langkah 3M tentunya adalah menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus karena diperlukan upaya dari kita secara pribadi untuk mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di tempat tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk baik yang alami atau buatan, dan lain-lain.”

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7

Ibu : “Oh, begitu, Pak RT. Kami siap, Pak!

Bapak: “Baik, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu membantu dengan cara menyediakan makanan ringan saja, ya? Hahahaha.” (Semua orang tertawa)

Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.

Jawab: - Demam Berdarah - Nyamuk - Langkah 3M Plus

Buatlah sebuah iklan elektronik seperti contoh di atas dengan tema upaya menjaga kesehatan. Lakukan secara berkelompok. Tentukan kata-kata kunci dari iklan tersebut. Tampilkan di depan kelas dan mintalah teman- teman untuk secara interaktif menentukan kata kunci dari iklan yang kamu buat.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62-69

Kunci Jawaban Halaman 75

Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan.

Jika sistem pencernaan kita baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Lengkapi peta pikiran di bawah ini mengenai penyebab gangguan pada sistem pencernaan!

Buku Tematik kelas 5 SD

Penyebab gangguan sistem pencernaan

PENYEBAB GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN

MAKAN TIDAK TERATUR Menunda makan, ketika makan menjadi terlalu kenyang.

Jawab:

MAKANAN MENGANDUNG KUMAN Mengkonsumsi maknan yang mengandung kuman dan bibit penyakit.

MAKANAN MENGANDUNG GULA Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula.

KURANG SERAT DAN VITAMIN C Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran yang mengandung vitamin C.

MENUNDA BAB Kebiasaan terburuk yakni sering menunda buang air besar (BAB)

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 1 Biografi BJ Habibie

Kunci Jawaban Halaman 76

Ada beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa penyebab di atas. Kita sudah membahas mengenai beberapa gangguan. Coba kita mengulas kembali mengenai beberapa gangguan sistem pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).

Jawab:

MAG Mag merupakan gangguan akibat peradangan pada lambung. Penyebab mag adalah luka pada lambung yang tidak segera terobati dan berakibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Gejala mag berupa nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah. Cara menyembuhkan mag tergantung pada penyebabnya, dengan memberi antibiotik dan antasida.

KOLERA Kolera adalah penyakit diare akut, yang disebabkan oleh infeksi usus akibat terkena bakteria Vibrio Cholerae. Gejala kolera ini bisa muncul secara tiba-tiba, seperti mual, muntah, kram perut, dan dehidrasi.

Penyembuhan kolera yaitu dengan pemberian oralit, untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang. Untuk kasus yang parah dibutuhkan penggantian cairan intravena (infus).

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

DIARE Diare merupakan penyakit saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, maupun virus pada usus besar dan alergi makanan. Gejala diare meliputi perut kembung atau kram, tinja encer, rasa mulas, atau terkadang mual dan muntah. Diare akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, namun hal yang perlu dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi.

Ayo Renungkan

Adakah hal-hal yang belum bisa kamu selesaikan hari ini? Apakah yang menyebabkan kamu belum selesai? Apakah karena materinya terlalu sulit? Waktu yang diberikan terlalu sedikit? Atau kamu kurang bisa mengatur waktu dan terganggu dengan hal-hal lain?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Apa yang akan kamu lakukan supaya lain kali kamu bisa menyelesaikan tugas tepat waktu?

Kegiatan Bersama Orang Tua

Bersama dengan orang tuamu, bacalah kembali informasi yang kamu temukan tentang penyebab gangguan pada sistem pencernaan dan jenis-jenis gangguannya.

Mintalah orang tuamu untuk memberikan lima pertanyaan yang berkaitan dengan informasi yang kamu miliki. Jawablah pertanyaan tersebut dengan lengkap dan jelas.

*) Disclaimer:Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Latifah)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma