Follow Us

Ini Kunci Jawaban Soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD Halaman 155-162 Peran Masyarakat Terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 26 Januari 2021 | 05:10
Desa adat Bena, Aimere, masih kuat menanamkan tradisi, termasuk arsitektur rumah adatnya.
Editor

Desa adat Bena, Aimere, masih kuat menanamkan tradisi, termasuk arsitektur rumah adatnya.

Fotokita.net - Ini kunci jawaban soal buku tematik Tema 6 Kelas 5 SD halaman 155-162 peran masyarakat terhadapa lingkungan sosial budaya.

Berikut ini adalah kunci jawaban latihan soal Buku Tematik Tema 6 Kelas 5 SD.

Simak dengan seksama pembahasan kunci jawaban belajar dari rumah tema 6 kelas 5 berjudul Panas dan Perpindahannya.

Sementara Subtema 3 pembelajaran 3 tentang Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan pada 155, 157, 158, 161, 162.

Berikut ini adalah kunci jawaban tema 6 kelas 5 berjudul Panas dan Perpindahannya Subtema 3 pembelajaran 3 tentang Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan pada 155, 156,157, 158, 159, 160, 161, 162 dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: Ini Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 6 Panas dan Perpindahannya Halaman 94 97 98 99 102 103

Peran Masyarakat terhadap Lingkungan Sosial Budaya

Masyarakat Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya nenek moyangnya. Bentuk penghargaan tersebut,mantara lain ditunjukkan dengan kebiasaan melakukan kegiatan tradisi dalam kehidupannya. Mulai dari peristiwa kelahiran hingga kematian, terdapat tradisi yang terus dijalankan hingga kini.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD Tema 3 Makanan Sehat Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 74 75 76

Tidak dimungkiri bahwa ada kecenderungan masyarakat untuk mengurangi kegiatan tradisinya dengan berbagai alasan. Akan tetapi, kesadaran masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenekm moyang kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi masyarakat pada saat liburan. Tempattempat wisata yang mengusung tema kembali ke masa lalu dan kembali ke alam, menjadi salah satu tujuan wisata yang digemari. Pemerintah dan masyarakat adat, menetapkan beberapa desa menjadi desa adat yang dikelola dan dilindungi pemerintah untuk mempertahankan nilai budaya masyarakat adat tersebut.

Keberadaan desa adat, memang beranjak dari keinginan untuk tetap memelihara peninggalan nenek moyang dengan mempertahankan nilai dan kegiatan tradisional. Nilai dan kegiatan tradisi nenek moyang bangsa Indonesia, selalu menghargai alam sebagai sumber kehidupan. Terdapat beberapa desa adat di Indonesia yang dipelihara, dilindungi, dan dijaga baik oleh masyarakat setempat maupun oleh pemerintah setempat. Desa Adat Bena di Ngada, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Sade di Lombok, Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur, Desa Adat Kampung Naga di Tasikmalaya, Desa Adat Terunyan di Bali, Desa Adat Pariangan, Tanah Datar di Sumatra Barat, merupakan beberapa contoh desa adat yang dipertahankan keberadaan dan keasliannya hingga kini.

Baca Juga: Jawaban Soal Buku Tematik Kelas 5 SD Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21-26 Mengenal Letak Geografis Indonesia

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest