Follow Us

Bak Langit dan Bumi, Warga Jakarta Sudah Bosan Hadapi Corona, Wuhan Malah Pamer Foto Rayakan Bebas Covid-19, Ternyata Ini Rahasianya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 02 Maret 2021 | 13:20
Ribuan warga asyik pesta tahun baru 2021 di Wuhan
sbs.com

Ribuan warga asyik pesta tahun baru 2021 di Wuhan

Fotokita.net - Bak langit dan bumi, Jakarta belum ada tanda corona berakhir, Wuhan malah pamer foto rayakan bebas Covid-19, ternyata ini rahasianya.

Kota Wuhan masih saja dituding sebagai penyebar pertama virus Covid-19 yang membuat dunia lumpuh selama 1 tahun terakhir.

Tim dari Badan Kesehatan Dunia ( WHO) yang mendatangi Wuhan untuk mencari asal-usul virus corona, tidak mendapatkan jawaban di sana. Sebelumnya dipercaya bahwa virus penyebab Covid-19 berasal dari kelelawar dan menular ke manusia melalui hewan perantara lainnya.

Pakar luar negeri WHO Peter Ben Embarek mengatakan, identifikasi hewan masih dalam proses dan tidak adanya kelelawar di Wuhan mengurangi kemungkinan penularan langsung ke manusia.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Makin Parah, Hotel Bintang 5 Putuskan Jualan Nasi Bungkus Rp 7.000, Ternyata Malah Dapat Respon Begini

Kemungkinan besar berasal dari spesies perantara, katanya, dan mendukung klaim China bahwa bahwa tak ada bukti terjadi wabah besar di Wuhan sebelum Desember 2019, bulan pertama tercatatnya kasus virus corona jenis baru.

Liang Wannian kepala tim gabungan dari pihak China menerangkan, penularan dari hewan tetap sangat memungkinkan, tetapi sumbernya harus ditemukan dulu. Ben Embarek turut membantah teori bahwa kebocoran di laboratorium virologi Wuhan yang menyebabkan pandemi.

Baca Juga: Hampir 1 Tahun Pandemi, Kasus Covid-19 Tembus 1,1 Juta, BMKG Mendadak Beri Peringatan Buat 5 Provinsi Ini

Semenjak Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus Covid-19 pertama pada 2 Maret 2020 silam, telah banyak yang berubah di Indonesia, termasuk Ibu Kota Jakarta.

Masyarakat terbelenggu dalam keharusan menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Hubungan sosial antar manusia merenggang, ekonomi lumpuh, kehidupan normal baru pun tercipta dengan segala ketidaknyamanannya.

Baca Juga: Pernah Jadi Dokter di Perusahaan Puan Maharani, Anggota DPR Ini Dapat Sanksi dari Megawati Usai Nyinyir Soal Vaksinasi Covid-19

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest