Follow Us

Pecah Perang di Laut China Selatan? Tak Sabar Tunggu Kedatangan Kapal Induknya, Kapal Perang Amerika dan China Saling Berhadapan Hanya dalam Jarak 100 Meter!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 17 Juni 2020 | 11:56
ILUSTRASI. Kapal induk AS dan Australia di Laut China Selatan.
Australia Department Of Defence/via Kontan

ILUSTRASI. Kapal induk AS dan Australia di Laut China Selatan.

Fotokita.net - Konflik perbatasan antara China dan India sudah memanas pada tahun 2017, ketika pasukan India dan PLA melakukan konfrontasi paling serius mengenai pembangunan jalan di Doklam, China, dekat daerah perbatasan tiga persimpangan yang dikenal sebagai Donglang atau Donglang Caochang di Tiongkok, wilayah yang diklaim oleh China dan Bhutan oleh India.

Global Times memberitakan, sejak Doklam berselisih, PLA telah memperluas arsenalnya, mengirimkan senjata seperti tank Tipe 15, helikopter Z-20, pesawat serang GJ-2, dan howitzer canggih yang dipasang kendaraan canggih ke dataran tinggi Tibet.

Sementara itu, Times of India memberitakan, militer India dan China akan menggelar perundingan tingkat tinggi pada 6 Juni 2020 yang melibatkan letnan jenderal kedua belah pihak.

Baca Juga: China Sudah Nyatakan Pasar Seafood Wuhan Terbebas dari Corona, Beijing Tiba-tiba Beri Pengumuman Tempat Transaksi Ekonomi Ini Jadi Klaster Baru: Kembali Berlakukan Lockdown?

Belum lagi perundingan dengan India kelar, China dibikin geram dengan kemunculan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Seperti yang terjadi pada hari Jumat minggu lalu itu membuat Beijing panas dingin

Dilansir dari CNN International, Amerika telah kirimkan 3 kapal induk Angkatan Laut untuk berpatroli di Laut China Selatan.

Kapal-kapal induk Amerika memiliki massa 100 ribu ton dan selain digunakan untuk patroli juga digunakan untuk menampung jet tempur mereka.

Baca Juga: Warga Dengar Ledakan Keras Sebelum Sebelum Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Menimpa Rumah, KSAU Jelaskan Kronologinya dengan Lengkap

Kapal Induk AS
US Navy photo/Nathan Burke

Kapal Induk AS

Kedatangan tiga kapal induk Amerika Serikat ini telah membuat China geram, dan media didukung pemerintah China menyebutkan Beijing tidak akan menahan pertahanan keras mereka.

Ketiga kapal tersebut adalah kapal induk USS Ronald Reagan, USS Theodore Roosevelt yang berpatroli di Pasifik Barat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest