Follow Us

Biarpun Fisiknya Jauh Lebih Mungil, Siapa Sangka Pesawat Tempur Hawk TNI AU Pernah Bikin F-18 Hornet Australia Ngacir Gara-gara Kepergok 'Slonong Boy' ke Wilayah Indonesia, Hampir Saja Dilumpuhkan!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 15 Juni 2020 | 11:14
Hawk TNI AU Vs F-18 Hornet Australia
Kolase Grid.ID

Hawk TNI AU Vs F-18 Hornet Australia

Fotokita.net - Pesawat tempur TNI Angkatan Udara Senin (15/6/2020) pagi tadi jatuh di Pangkalan Roesmin Nurjadin Pekanbaru Riau. Pilot dinyatakan selamat setelah berhasil keluar dari pesawat.

Demikian ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Fajar Adriyanto. Pesawat yang dimaksud berjenis Hawk 200.

“Pesawat tempur jenis Hawk 200. Nomor lambung 0209. Jatuh di ujung runway 5 KM sebelum mendarat,” kata Fajar.

Baca Juga: Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Antara Permukiman Penduduk di Riau, Begini Kondisi Pilotnya

Dia mengungkapkan pilot sempat keluar dari pesawat dengan kursi pelontar dan dinyatakan selamat. Tim SAR sedang menuju ke lokasi untuk evakuasi.

BAE (British Aerospace Hawk) Hawk adalah jet tempur ringan latih (trainer) produksi BAE Hawk sejak 1974. BAE Hawk adalah sebuah perusahaan dari Inggris Raya.

Hawk merupakan sebuah pesawat jet latih untuk pesawat tempur jet generasi 4 seperti F-16, F-15, dan menggunakan radar modern APG-66 (khusus varian Mk 200) dan rudal AIM-9 Sidewinder.

Baca Juga: Jatuh di Permukiman Penduduk, Pesawat Tempur Hawk 200 Ternyata Jadi Andalan TNI AU untuk Pengawasan Wilayah Perbatasan, Begini Deretan Kecanggihannya

Pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau
handout

Pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau

Hawk Mk 109/209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI-AU sejak 1997.

Adapun, Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

Pesawat ini memiliki panjang 12,07 meter dengan rentang sayap 9,94 meter serta tingginya 9,94 meter.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest